ArtJog MMXX Bakal Dihelat di JNM

share on:
Tim Official ArtJog MMXX saat memaparkan presentasi kepada audiens dan awak media || YP/Fadholy

Yogyapos.com (YOGYA) - Berpacu dengan waktu dan dinamika seni kontemporer, tim official ArtJog sudah merancang timeline project untuk menggeber ArtJog MMXX (2020) yang bakal diadakan 23 Juli hingga 30 Agustus 2020 di Jogja National Museum (JNM).

Mengusung spirit Time (to) Wonder, panitia ingin mengajak publik untuk memaknai waktu melalui praktik seni. ArtJog ingin menyingkap dimensi seni dari sudut pandang yang berbeda, dengan menitikberatkan pada eksperimen kreatif para seniman.

Director ArtJog Heri Pemad mengatakan, praktik seni dapat menjadi refleksi mendalam atas pemahaman manusia terhadap suatu fenomena pada suatu zaman. “Sejarah telah membuktikan bagaimana para seniman menyumbangkan gagasan yang menarik dan menjadi produk yang ikonik. Kemunculan istilah ‘seni berbasis waktu’ yang memayungi berbagai jenis kesenian adalah bukti bagaimana waktu kini telah menjelma dalam mediasi dan resepsi karya seni rupa. Pemanfaatan teknologi audio-visual oleh para perupa juga telah mengubah karya menjadi lebih impresif dan interaktif,” kata Heri Pemad dalam presentasi ArtJog MMXX di JNM, Selasa (28/1) sore.

Sementara itu Agung Hujatnika selaku kurator ArtJog MMXX menyampaikan jika spirit Time (to) Wonder juga dimaksudkan

sebagai sebuah festival seni kontemporer yang berisiko dan menantang. “Selama ini, seni rupa kontemporer dekat dengan konotasi ahistoris, yakni ketika praktik seni tak lagi diarahkan oleh kemajuan linierisme. Seni kontemporer malah termanifestasikan ke dalam kecenderungan regresif-multilinier.

Hari ini, ditengah gencarnya lini digital global dan media sosial, apakah masih bisa seni menawarkan sisi reflektif dan otentik. Pada ArtJog MMXX kali ini kami juga menantang para seniman untuk menghindari segala sesuatu yang bersifat kekinian dan stereotype. Karena pada hakekatnya, kontemporer adalah menonjolkan diferensiasi, unik dan everlasting,” pungkas Agung Hujatnika. (Dol)

 

 

 

 

 

 


share on: