Argorejo Kembangkan Mina Padi untuk Tingkatkan Perekonomian Warga

share on:
Lurah Desa Argorejo, Ngadimin SH || YP-Supardi

Yogyapos.com (BANTUL) - Desa Argorejo Kecamatan Sedayu Kabupaten Bantul akan melakukan ujicoba mengembangkan usaha pertanian ‘Mina Padi’, budidaya tanaman padi sekaligus budidaya ikan dalam satu lahan. Langkah ini dilakukan sebagai upaya peningkatan perekonomian warga.

“Dalam ujicoba kali ini akan mempergunakan lahan pertanian seluas 15 hektare. Lahan merupakan milik warga (petani) dan sebagain kas desa Argorejo," kata Lurah Desa Argorejo Bantul, Ngadimin SH, di ruang kerjanya usai mendampingi Bupati Bantul Drs H Suharsono memberikan bantuan BLT terdampak Covid-19 asal APBD Bantul 2020, Selasa (25/8/2020).

Menurutnya, rencana awal uji coba Mina Padi ini terkait kabar akan ada bantuan hibah dari Kementrian pertanian. Kabar itu kemudian direspon melalui program yang terencana sedemikian rupa sehingga diharapkan sanggup meningkatkan perekonomian.     

Kini para petani (Kelompok Tani dan Pemerintah Desa Argorejo) sedang mempersiapkan lahan yang diperlukan. Direncanakan sekitar pertengahan atau awal September sudah bisa dilakukan tanam dan penyebaran benih ikan berupa nila merah.

“Meski kami tidak tahu persis tentang nominal bantuan hibah itu, namun yang jelas kesemuanya berupa hibah. Bantuan berupa bibit padi, benih ikan dan pakannya,” katanya.

Ngadimin menjelaskan, dengan adanya Mina Padi diharapkan bisa untuk meningkatkan perekonomian para petani. Selain itu juga untuk meningkatkan konsumsi ikan di tengah masyarakat.

Menjawab pertanyaan tentang apa kendala budidaya mina padi di Argorejo, Ngadimin mengatakan pada dasarnya tidak ada kedalanya. Sebab selama ini irigasi lancar, gangguan hama juga relatif minim. “Ya relatif tak ada kendala. Tinggal nantinya bagaimana etos kerja para petani, mesti diitingkatkan,” pungkasnya. (Supardi)

 


share on: