Apdesi Bantul Sosialisasi Mendirikan SPBU Pertades

share on:
Suasana sosialisasi, presentasi dan penawaran mendirikan SPBU Pertades, di Kalurahan Sumbermulyo, Bambanglipuro, Bantul, Kamis (17/6/2021) || YP-Supardi

Yogapos.com (BANTUL) - Asosisiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Bantul bekerjasama dengan PT Teknologi Judo Mesia, mengadakan sosialisasi penawaran mendirikan Unit SPBU Tingkat Desa yang juga sering disebut dengan Pertades (Pertamina Desa).

Tawaran kerjasma tersebut disampaikan kepada Pemerintah Desa (Kalurahan), guna upaya terwujudnya pembangunan ekonomi rakyat untuk ketahanan desa melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), di Kantor Kalurahan Sumbermulyo Kapanewon Bambanglipuro Bantul.

“Beberepa Lurah Kalurahan atau yang mewakilinya kami undang dalam sosialisasi dan penawaran agar Bumdes-nya mempunyai Unit SPBU Desa. Tujuannya supaya Bumdes dan masyarakat bisa menciptakan peluang bisnis untuk percepatan pemulihan perekonomian pasca pandemi Covid-19,” kata Ketua Apdesi Bantul, Dra Ani Widayani kepada yogyapos.com, di Kanror Kalurahan Sumbermulyo, Kamis (17/6/2021).

Sementara itu, Konsultan dari PT Mutiara Teknologi Judo Mesia, Sukariyana, mengungkapkan pihaknya melakukan sosialisasi, menawarkan dan mengajak Bumdes ataupun peroragan agar segera mendirikan Unit SPBU Tingkat Desa.

“Usaha itu kami tawarkan supaya Kalurahan atupun lainnya mendirikan jenis usaha tersebut. Tujuanya adalah sebgai upaya peningkatan Pembagunan Ekonomi Rakyat Untuk Ketahanan Desa bisa terwujud dengan cepat,” kata Sukarjiyana.

Ia menuturkan, semua Desa (Kalurahan) berpeluang untuk merealisasikan usaha itu. Dan cukup prospektif. Alasannya masyarakat  desa akan lebih praktis dan dekat dalam membeli Bahan Bakar Minyak di Unit SPBU Tingkat Desa. Sedangkan BBM yang dipasarkan di Unit ini adalah yang non Subsidi.

“Ini kami sosialisasikan agar Pemerinta Kalurahan melalui Bumdesnya  bisa membuka usaha jenis itu,” katanya.

Terkait hal ini, Lurah Desa Canden Kapanewon Jetis yang juga selaku peserta, AKBP (Purn) Beja WTP SH MH, usai mengikuti acara itu menyatakan pihaknya juga berminat untuk mendirikan Bumdes, diantaranya dengan mendirikan Unit SPBU Tingkat Desa.

“Namun itu semua akan kami kaji, dalami dan dimusyawarahkan secara bersama oleh Pemerintah Kalurahan Canden dengan pihak terkait. Intinya kami akan mendirikannya ataupun tidak, akan melakukan kajian matang terlebih dahulu,” kata Beja. (Supardi)

 

 

 


share on: