Aksi Safari Subuh ACT, Berbagi Semangat dan Manfaat di Bantaran Kali Code

share on:
Kegemberiaan mewarnai wajah ibu sepuh yang tinggal di pinggiran Code manakala relawan ACT mengulurkan nasi box usai subuh || YP-Ist

Yogyapos.com (YOGYA) - Aksi Cepat Tanggap (ACT) Yogyakarta kembali menggelar kegiatan untuk warga masyarakat di Bantaran Kali Code. Setelah sebelumnya sukses dengan program Operasi Pangan Murah, kali ini ACT Yogyakarta mengadakan Kegiatan Aksi Safari Subuh di Masjid at Taubah cokrodirjan, Suryatmajan, Kec. Danurejan, Kota Yogyakarta pada Jum'at (26/11).

Danang Nurhidayatullah selaku Staff Program ACT Yogyakarta mengungkapkan, program ini merupakan program subuh perdana yang ACT lakukan dengan mendistribusikan nasi box dan air mineral untuk jama'ah masjid yang melaksanakan sholat shubuh berjamaah di masjid. Tak hanya itu, Jama'ah yang biasanya hadir sholat jum'at namun sedang berhalangan hadir pada hari pelaksanaan kegiatan juga didatangi untuk menyampaikan makanan subuh gratis ini.

"Program Aksi Safari Subuh ini dilaksanakan sebagai bentuk ikhtiar kami untuk membersamai masyarakat, terutama untuk mereka yang berjuang memulai harinya dari waktu subuh, bersujud kepada Rabb-nya ke masjid. Kita harapkan kegiatan ini mampu menghadirkan kebahagiaan bagi jemaah, serta pengurus masjid,” ungkapnya.

Bantaran Kali Code jadi pilihan, karena masih banyak jamaah masjid At Taubah yang berasal dari keluarga prasejahtera. Dengan disediakannya sarapan pagi ini, selain membuat mereka berhemat namun juga memberikan semangat untuk memulai aktivitas.

“Pandemi memang sudah mulai melandai, tapi dampak ekonominya masih sangat dirasakan oleh saudara kita yang tinggal di bantaran Kali Code ini," tandasnya.

Sementara Maryo, selaku takmir sekaligus tokoh masyarakat menyampaikan rasa terimakasihnya kepada para dermawan atas program yang dilakukan di lingkungan mereka. Karena selain menebar kebaikan, program ini juga menambah semangat untuk jamaah dan warga untuk memulai aktivitas.

"Kalau bisa rutin mas, jadi jamaah subuh bisa semangat datang. Awalnya karena dapat makan, lama kelamaan terbiasa. Apalagi kalau sudah faham kebaikan sholat subuh, masya Allah.." Ungkapnya.

Melihat antusiasme jamaah yang tinggi, Danang  berharap Aksi Safari Subuh dapat berlanjut di titik-titik lain di Yogyakarta.

“Alhamdulillah, di hari Jum'at berkah, di waktu subuh penuh berkah. Bisa melihat raut wajah bahagia dari jamaah adalah kebahagian bagi kami. Kami ingin terus mengajak para dermawan untuk mendukung kegiatan ini melalui Gerakan Sedekah Subuh, harapannya kita bisa meluaskan kebahagiaan ini ke tempat-tempat lain,” pungkas Danang. (*)

 


share on: