Akhir Lusono, Penggurit Mbeling Berulah via Youtube

share on:

BUKAN Akhir Lusono jika henti berkreasi. Mungkin masih ingat dengan beberapa pementasan aneh khususnya tentang geguritan. Sebut pentas Ektrem Performace Gurit Don't Cry Mama, Jathilan Gurit, Pameran Gurit Sepanjang Kampung, Nggurit Karo Wong Edan, Membaca Gurit Keliling Jogja, Pembacaan Gurit Terlama 5 hari 5 malam tanpa henti. Itulah sebagian catatan aktivitas sastrawan Jawa Akhir kelahiran Gunungkidul dan kini tinggal di bilangan Ngestiharjo Bantul.

Ia juga menerbitkan sejumlah buku geguritan dan cerkak (cerita pendek berbahasa Jawa. Belakangan ASN di PPPPTK Seni Budaya dan aktif di dunia gurit ini juga sibuk menciptakan gurit saat masa pandemi Covid-19. Ada puluhan judul selama pandemi Corona ini.

"Tentu gairah menulis semakin membara disaat kerja tidak di kantor. Namun kerja dilakukan di rumah. Bersyukur saya bisa bertambah fokus untuk menulis gurit. Apalagi menulis gurit juga merupakan tugas pokok fungsi saya sebagai ASN dengan jabatan Pengembang Teknologi Pembelajaran. Kalau di penilaian angka kredit jabatan fungsional masuk pada bidang tugas membuat naskah pembelajaran sederhana. Jadi menurut saya, sekalian sekali dayung bisa dua pulau terlampaui. Bekerja dan berkarya. Sebagai ASN dan sebagai seniman," terang Akhir Lusono kepada yogyapos.com, Jumat (8/5/2020).

 

Kesibukan Akhir belakangan dalam mencipta gurit atau puisi Jawa ternyata ada kaitannya dengan pementasan yang akan dilakukan pada Sabtu, 9 Mei 2020 jam 20.00 WIB mendatang. Akhir akan mengadakan pentas tunggal membacakan karya guritnya selama pandemi Covid-19. Ada puluhan gurit yang akan di bacakannya dalam durasi kurang lebih 1 jam tersebut. Pementasan tunggal tersebut diberi tajuk: Maca Gurit Njiwit Wanci Ama (Gurit Covid-19). 

Tidak tanggung tanggung kata pengantar diberikan oleh Kepala PPPPTK Seni Budaya, Dr Sarjilah MPd. Tontonan Youtube Mangsa Pandemi ini juga di dukung oleh tokoh di DIY. Diantaranya Sekda DIY Drs R Kadarmanta Baskara Aji MM, Walikota Kota Yogyakarta Drs Haryadi Suyuti, Wakil Walikota Yogyakarta Drs Heroe Purwadi MA, Bupati Sleman Drs Sri Purnomo MSi, Wakil Bupati Gunung Kidul Dr Immawan Wahyudi SH MH, Dr H Khoiruddin Bashori, MSi dan tokoh lain.

Bagi masyarakat luas yang hendak menyaksikan pentas melalui Youtube ini bisa melihatnya dengan ngeklik link yang ada ditautan https://www.youtube.com/channel/UCEMKMpUXVvaw6TOWWwQu26w. Selamat menyaksikan semoga terhibur. (Agung DP)

 


share on: