Agus Sulistiyono: Kreasi Strategi Pengembangan adalah Kunci Keberhasilan Koperasi

share on:
Para ketua koperasi penerima penghargaan || YP-Supardi

Yogyapos.com (BANTUL) - Kreatif berstrategi pengembangan koperasi dinilai merupakan kunci keberhasilan dalam menghadapi dan menjawab tantangan penguatan ekonomi para anggota.     

"Strategi ini diantaranya dalam hal pengembangan sumber daya manusia (SDM), sumber daya keuangan (SPK), sumber daya fisik dan sumber daya informatika,”  tegas Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian Kabupaten Bantul, Agus Sulistiyono, saat menjadi pemateri Pelatihan Kopetensi Koperasi (DAK) dan Penyerahan Pengahargaan Koperasi Berprestasi Tahun 2020, di Ros In Hotel, Senin (14/9/2020). 

Dijelaskan, segala sesutu yang penting, misalnya pengembangan dan pelaksanaan kegiatan, keuangan (financial) harus dilakukan secara periodik dan kontinyu.

Salah satu cara yang bisa ditempuh untuk mengembangkan usaha adalah melakukan kerjasama dengan UMK dalam dan pengusaha untuk menjajaki peluang peluang bisnis. “Ini bisa diarahkan agar UMK bisa memproduksi produk yang laku jual di pangsa pasar ekspor. UMK diarahkan bisa memanfaatkan permodalan yang disalurkan melalui koperasi. Jangan sampai apabila rapat hanya sebatas membahas iuran tahunan bagi anggotanya,” katanya. 

Agus menambahkan, jika itu semua bisa dilakukan, maka koperasi di Bantul yang saat ini berjumlah sekitar 385 buah akan semakin maju dan berperan sesuai dengan fungsinya.

Hal tersebut sesuai dengan imbauan Bupati Bantul Drs H Suharsono yang dalam sambutan pembukaan acara mengatakan, pentingnya koperasi agar semakin profesional menguasai dan mampu menjawab tantangan jaman.

Sementara itu Ketua Dekopinda Bantul, Bibit Rustamto, berpendapat memberantas kemiskinan bisa dilakukan melalui kepedulian pengembanganUMK. Sedangkan pemberdayaan UMK efektif apabila dilakukan melalui koperasi.

"Jadi, pemberdayaan koperasi merupakan kunci pengentasan kemiskinan di Bantul,” kata Bibit.

Kegiatan pelatihan ini diagendakan berlangsung selama lima hari. Tujuannya agar kopetensi para pengurus koperasi semakin baik.

Pada kesempatan yang sama dilakukan pemberian penghargaan kepada koperasi berprestasi. Diantaranya KSP CU Tyas Manunggal Bambanglipuro, KSPPS BMT Bina Usaha Ummat Piyungan dan KSPPS BMT Mitrama Srandakan.

Sedangkan penghargaan koperasi konsumen diberikan kepada Koperasi Kopkar dan Pensiunan Bina Usaha Madubaru, KPRI Bina Sejahtera Komplek Pemda Manding dan Koperasi Wanita Jati Husada Mulya Sedayu. (Supardi)

 


share on: