619 Pedagang Pasar Prawirotaman Siap Boyongan

share on:
Pasar Prawirotaman kini berlantai 4 dengan konsep modern-tradisional || YP-Fadholy

Yogyapos.com (YOGYA) - Sebanyak 619 pedagang yang menempati lapak sementara, pada akhir Oktober ini direncanakan akan boyongan ke lokasi semula, Pasar Prawirotaman. Disperindag Kota Yogya mulai menyiapkan skema pemindahan pedagang.

Kepala Disperindag Kota Yogya Yunianto Dwisutono, menuturkan banyak hal yang harus disampaikan ke pedagang agar tidak terjadi miss komunikasi dan koordinasi.

“Ada sejumlah regulasi. Seperti larangan merokok bagi siapa pun selama berada di area pasar, tidak diperkenankan menyimpan barang dagangan di los serta pembagian zonasi di tiap lantai yang disesuaikan dengan jenis dagangan. Lantai satu terdiri dari los daging, ikan basah serta sembako atau hasil bumi. Lantai dua terdiri jenis dagangan sayuran, aneka bumbu serta dagangan yang tidak bertahan lama. Kemudian lantai tiga pedagang kelontong, pecah belah serta jajanan pasar atau warung makan,” ujar Yunianto kepada Yogyapos.com Jumat (16/10/2020).

Terkait jumlah los, masing-masing lantai bervariasi karena disesuaikan dengan zonasinya. Akan tetapi secara keseluruhan disesuaikan dengan jumlah pedagang yang sudah terdata sebelumnya yakni 619 pedagang. Sehingga dipastikan tidak akan ada penambahan pedagang baru. Untuk operasional penuh kemungkinan di akhir tahun. Saat ini tengah menambah sarana dan fasilitas yang dirasa masih kurang.

Wawali Yogya Drs Heroe Poerwadi menambahkan bahwa lokasi Prawirotaman yang dikenal sebagai kampung turis diyakini bisa mendatangkan pelaku ekonomi kreatif dari luar negeri. Sebab, sesuai tren saat ini, mereka datang bukan sekadar berlibur, tapi sembari bekerja. “Saya rasa ini bagus untuk membangun jaringan dengan para pelaku ekonomi kreatif di Yogyakarta, karena mereka bisa saling berjumpa di sini. Bahkan, beberapa sudah ada yang menjalin komunikasi," ungkap Heroe optimis. (Fadholy)

 

 

 


share on: