5 Pencoleng Pembobol Pabrik Pempres Digulung Petugas

share on:
Lima tersangka curat (seragam biru) di Pabrik Pempres CV Tri Usaha Jaya Bantul || YP-Supardi

Yogyapos.com (BANTUL) - Lima pelaku pembobolan pabrik Pempres dan masker CV Tri Usaha Jaya di Jalan Imogiri Barat kilometer 6,5 nomer 32 Bangunharjo Sewon Bantul, berhasil digulung petugas Satreskrim Polres Bantul. Mereka adalah SR (37) asal Gunugkidul, My (41) asal Matrijeron Kota Yoyakarta, St (54) asal Magelang, Ts (37) warga Sleman dan Hh (35) warga Bantul.

“Kelima orang ini berhasil kami amankan dalam waktu hampir bersamaan di temat terpisah pada Selasa (13/1),” kata Kasat Reskrim Polres Bantul, AKP Ngadi kepada wartawan, di Mapolres Bantul, Rabu (14/1/2020).

Aksi pencurian dengan pemberatan (curat) ini terjadi pada 6 Januari 2021. Para pelaku masuk ke pabrik pempres dan masker itu dengan cara memanjat tembok. Mereka bersama-sama mengambil pempres dan masker yang ada di dalam pabrik, kemudian membawa kabur dengan dengan diangkut mempergunakan mobil box.

Namun aksi kejahatan mereka terekam oleh CCTV. Setelah sejumlah saksi mengecek CCTV diketahui ada sejumlah orang yang mengambil masker dan pempres di pabrik dimaksud. Kejadian itu dilaporkan ke polisi. Para petugas berhasil melacak para pelaku dan menangkapnya.

Dari keterangan para saksi yaitu Yq (34) dan Mr (28) kerugian yang dialami oleh CV. Tri Usaha Jaya senilai sekitar Rp 112 juta lebih. Berdasarkan pengakuan para pelaku pempres dan masker hasil pencurian itu akan dijual.

Sejumlah barang bukti yang berhasil diamankan antara lain berupa satu unit mobil pick up Daihatsu yang digunakan untuk mengangkut hasil curian. Satu dos masker berisi 500 pcs,” kata Ngadi.

“Para tersangka kami jerat dengan Pasal 363 dan pasal 64 KUHP yaitu pencurian dengan pemberatan yang ancaman hukumannya selama-lamanya 7 tahun,” kata AKP Ngadi.

Pada kesempatan sama, Ngadi juga menjelaskan bahwa polisi juga mengamankan Re (35) asal Magelang sebagai orang yang duduga pelaku pencurian laptop di Ndalem Tamantirto Nomer B4 Rt 003 Rukeman Cetak Kasihan Bantul. Pencurian ini terjadi pada Jumat (18/12/2020) pukul 12.30 WIB. (Supardi)


share on: