37 Lukisan 'Tahta untuk Rakyat' Dipamerkan di Jogja gallery

share on:
Suasana pameran di Jogja Gallery || YP-Foto-Fadholy

Yogyapos.com (YOGYA) - Sebanyak 37 karya lukis mengisi ruang pamer di Jogja Gallery yang mengangkat tajuk ‘Tahta Untuk Rakyat Sri Sultan Hamengku BUwono IX’. Perjalanan kehidupan HB IX dari masa kecil hingga pergolakan sejarah tertuang dalam lukisan-lukisan tersebut. Pameran ini dihelat untuk umum pada 20 Maret hingga 25 April

Indro Kimpling selaku koordinator pameran mengungkapkan, keteladanan HB IX sangat menginspirasi setiap generasi. Pemikirannya visioner. “Kami mencoba menghadirkan nilai-nilai keteledanan HB IX di atas kanvas melalui goresan kolaborasi pelukis senior dan junior. Narasi yang disuguhkan para pelukis atas dasar pengalaman empiris. Semuanya disusun secara bertahap. Seperti menikmati sebuah cerita kolosal,” ujar Indro Kimpling, Rabu (17/3/2021).

Kurator pemaran Dr Soewarno menambahkan, setiap pelukis dberikan keleluasaan tafsir atas historical tersebut. Tentunya dalam batas-batas kepatutan.

“Data yang meraka kumpulkan sangat mendalam, mengumpulkan informasi, memilih dan memilah lalu menentukan adegan apa yang hendak disamapikan ke public. Kami berharap pameran ini bias menghadirkan diskusi sejarah. Sosok HB IX memiliki keteladanan yang pantas dikenang di sepanjang zaman. Seni lukis juga menemukan makna kehidupan manusia” kata Soewarno. (Fadholy)

 

 

 

 

 


share on: