30 Persen Tempat Tidur di PKU Muhammadiyah Bantul untuk Pasien Covid-19

share on:

Yogyapos.com (BANTUL) - Jumlah pasien rawat inap di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Bantul melebihi target. Hal ini terkait pasien terdampak Pandemi Covid-19 yang setiap hari cenderung bertambah, sehingga lembaga kesehatan ini terpaksa harus menambah jumlah tempat tidur darurat untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Semula kami hanya menyediakan tempat tidur untuk rawat inap sekitar 150 unit. Tapi sejak pagi hari ini terpaksa menambah beberapa unit lagi sebagai upaya agar para pasien bisa terlayani,” kata Manager Humas dan Pemasasaran RS PKU Muhmahammadiyah Bantul Wahyu Priyono menjawab konfirmasi yogyapos.com, Selasa (12/1).

Dikatakan, dari kapasitas tempat tidur sebanyak itu yang diperuntukan khusus bagi para penderita atau pun ditengarai bergejala Covid-19 sebanyak sekitar 30 persennya atau 51 unit.

“Kami dalam menyediakan penambahan tempat tidur mempergunakan ruangan yang ada di UGD ataupun ruangan lainnya yang dinilai memenuhi persyaratan. Misal di ruangan UGD semula hanya ada beberapa rempat tidur kini ditampah menjadi delapan. Empat untuk layanan UGD dan yang empat untuk umum,” tambah Wahyu.

Ia mengatakan, ini semua dilakukan karena kondisi darurat terkait dengan mensikapi perkembangan pandemi Covid-19 sekarang. Alasannya dengan harapan agar semua pasien bisa terlayani. Dan apabila terpaksa tidak terlayani karena berkenaan alasan yang mendasar, misalnya tempat tidur sudah habis.

Sementara itu, di lingkungan Setda Pemkab Bantul masih menerapkan Intruksi Bupati tentang Pandemi Covid-19. Misalnya sistem kerja yang di kerjakan di kantor 50 persen dan yang dikerjakan di rumah 50 persen. (Supardi)

 

 

 


share on: