3 Model Bisnis Start Up Raih Penghargaan Best Inovator Econovation 2021

share on:
Kegiatan Awarding Day Econovation 2021 yang berlangsung secara daring, Jumat (17/9/2021) || YP-Sulistyawan Ds

Yogyapos.com (JAKARTA) - Sebagai upaya mendorong semangat berwirausaha di kalangan kaum millennial, Yayasan EcoNusa yang bermitra dengan RM Inkubasi menggelar kompetisi bisnis Econovation 2021. 

Dari sebanyak 214 peserta yang terdaftar, panitia penyelanggara menetapkan 3 model bisnis startup terbaik untuk kategori Best Innovation. Ketiga bisnis startup tersebut adalah: Shaany Kolagen Drink (Probolinggo), Edu box (Bandung) dan Yant Sorgum (NTB). Selebrasi penghargaan pemenang dilakukan dalam Awarding Day secara daring pada Jumat (17/9/2021), disaksikan oleh ratusan peserta dan kalangan pemerhati bisnis. 

CEO EcoNusa Bustar Maitar menjelaskan, Econovation 2021 merupakan kompetisi bisnis nasional untuk mencari model inovasi bisnis masa depan yang dapat memberikan solusi nyata bagi tantangan yang dihadapi masyarakat. Model bisnis tersebut, selain berorientasi terhadap kesejahteraan hendaknya juga tetap memperhatikan prinsip-prinsip berkelanjutan, terutama selama pandemi Covid-19. 

“Econovation hadir untuk memberikan kesempatan kepada anak muda Indonesia yang memiliki inovasi bisnis untuk mengembang usahanya tersebut agar dapat menciptakan ekonomi berkelanjutan yang juga mendukung perbaikan ekosistem hutan dan laut akibat perubahan iklim,” ujar Bustar kepada sejumlah wartawan dalam Pers Conference Daring usai acara Awarding Day. 

Bustar menyampaikan, ide dan inovasi yang diikutsertakan dalam kegiatan ini  ditargetkan dapat menjadi solusi dari tantangan nyata yang dihadapi oleh masyarakat termasuk petani, nelayan dan masyarakat adat, yang dapat di scale-up secara nasional menjadi suatu metode untuk membangun kembali dengan lebih baik,” ujar Bustar.  

Kompetisi bisnis Econovation 2021 merupakan yang pertama kali dilakukan dengan fokus pada inovasi bisnis di tiga bidang utama yaitu bidang kesehatan, pangan, dan pendidikan. Pada kesempatan ini  tercatat lebih dari 241 peserta yang mendaftar, dari berbagai kota di Indonesia. Dari karya para peserta, 15 inovasi terpilih sebagai finalis terbaik melalui berbagai tahap penjurian. Kemudian, sebagai puncak dari Econovation 2021, acara penganugerahan. 

Bustar menegaskan, salah satu tujuan utma penyelenggaraan Econovation adalah meciptakan entrepreneur yang tidak egois. Oleh karena itu, selain mampu berdampak terhadap lingkungannya, rintisan usaha bisnis para peserta itu juga mampu berdampak pada usaha bisnis lainnya. 

Sementara itu, dalam sambutannya secara daring, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyampaikan, Econovation 2021 merupakan sebuah pencapaian yang sangat baik karena dapat meningkatkan kepercayaan investor dan stake holder. Oleh karena itu, diharapkan event kompetisi bisnis semacam ini dapat senantiasa  melahirkan model bisnis yang makin inovatif serta memberikan dampak positip bagi masyarakat luas

“Kompetisi bisnis semacam ini hendaknya terus berlanjut, untuk mendukung perekonomian di Indonesia, terutama di sektor ketahanan pangan, pendidikan dan kesehatan. Sehingga ide yang terlahir dapat menjadi solusi, pada saat ini serta paska pandemi,” ujar Teten. (*/Sulistyawan Ds)

 


share on: