17 Grup Jatilan Sleman Ikuti Festival

share on:
Sumaryana Kasi Budaya Dinas Kebudayaan Sleman || YP-Agung Dwi Purwanto

Yogyapos.com (SLEMAN) – Sebanyak 17 perwakilan grup kesenian Jatilan mengikuti Festival Jatilan yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman pada 16 dan 17 Oktober 2020, di Gedung Kesenian Denggung.

“Festival ini bukan untuk memperebutkan trofi layaknya kejuaraan, tetapi sebagai upaya pembinaan dan pengembangan kesenian tradisional yang merupakan salah satu potensi Sleman,” ujar Kasi Budaya Dinas Kebudayaan Sleman, Sumaryana dari Dinas Kebudayaan Sleman usai pembukaan.

Diungkapkan, penyelenggaraan festival kali ini juga dalam rangka Festival Garis Imajiner, dimana posisi Sleman sebagai bagian dari wilayah DIY berada di tengah antara Gunung Merapi dan Keraton Yogyakarta.

Karena pandemi covid-19 tidak mungkin diselenggarakan di tempat umum, sehingga disiarkan langsung streaming. Ini sekaligus memberikan hiburan bagi masyarakat dan bagian dari upaya pencegahan Covid-19 agar masyarakat berada di rumah

Adapun para penampil dari 9 Kapanewon pada 16 Oktober masing-masing adalah grup Kundha Budaya (Ngaglik), Turonggo Arya Seta (Turi), Paguyuban Eko Budoyo (Tempel), Turonggo Waskito Budoyo (Cangkringan), Ambar Atmaja (Gamping), Turonggo Panca Wisesa (Godean), Krido Among Taruno Wotgaleh (Berbah), Lestari Budaya (Depok) dan Bekso Turonggo Asri (Mlati).

Sedangkan penampil pada 17 Oktober masing-masing Turonggo Mudo Manunggal (Prambanan), Taruno Mudo Budaya (Ngemplak) Turonggo Muda Budaya (Pakem), Turonggo Cahyo Muda (Sayegan), Muda Budaya (Sleman) dan Turonggo Seto Susilo (Minggir). (Agung DP)

 


share on: