109 Perupa Perempuan Pameran Bersama

share on:
Satu sudut ruang pameran yang memajang karya-karya para perupa perempuan || YP/Yuliantoro

Yogyapos.com (BANTUL) - Kolaborasi perupa perempuan lintas batas komunitas menggelar pameran karya seni rupa berlangsung sukses. Pameran yang diikuti 109 perupa perempuan dari berbagai daerah di Indonesia mengusung tema ‘Terkadang Kita Lupa’ ini di Pendapa Art Space Tegal Krapyak, Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Gelar seni rupa yang dibuka Esther Lusiyanti, Manager PT Avrist Life. "Akhirnya pameran 109 perupa perempuan bisa terlaksana, tidaklah mudah untuk bisa mempertemukan para perupa perempuan dari berbagai daerah, bertemu dalam satu event tentunya," kata panitia pameran seni rupa 100+9 perupa perempuan Watie Respati terkait telah berakhirnya pameran, Sabtu (22/3/2020).

Watie Respati mengatakan, bersilaturahim dan mempererat hubungan persaudaraan ini yang menggerakkan hati para rekan-rekan dari berbagai daerah untuk menyambut baik dengan keikhlasan hati ikut serta bersama berpartisipasi mempersembahkan karya. Dengan mengusung tema ‘Terkadang Kita Lupa’, diharapkan mampu mengungkapkan dan mengingatkan para perempuan untuk menemukan dirinya sendiri dengan kesadaran.

“Saya ingin peserta menerjemahkan sendiri sesuai dengan pemahaman dan situasi yang sedang dirasakan masing-masing perupa. Sehingga diharapkan karya yang tersaji adalah murni dari jiwa terdalam perupanya,” katanya. Peserta pameran kali ini dari berbagai kalangan, ada yang merupakan seniman, ibu rumah tangga dan lain-lain. Mereka menampilkan karya lukisan sebagai bentuk ekspresi mereka. Pendhapa Art Space dipilih menjadi venue pameran karena wahana seni ini menyediakan fasilitas yang komplit untuk tujuan wisata kesenian di kota gudeg. Di tempat ini, pengunjung bisa tinggal, sekaligus berkarya membuat karya seni, melihat pertunjukan seni, menikmati pameran lukisan dan pahatan, bahkan berdiskusi dengan seniman indonesia. (Tor)

 


share on: