Yogurt Seledri Anti Kolesterol Jahat Kreasi Srikandi Peneliti UWM dan UGM Family, Silakan Nikmati

share on:
Tiga Srikandi Peneliti tengah suntuk di laboratorium produksi Yogurt Seledri || YP-Ist

Yogyapos.com (YOGYA) - Yogurt sebagai merek dagang produk olahan susu kreasi baru telah hadir sebagai alternaif bagi para konsumen yang ingin menjaga kesehatan sistem pencernaan dan efek kesehatan lainnya. Mengapa produk alternatif? Dari segi komposisi bahannya, bahan Yogurt initerdapat di dalamnya sayur jenis seledri atau apiumgraveolens. Karena itu yogurt ini bisa disebut Yogurt seledri.

Produk kategori dairy dalam bentuk makanan maupun minuman dari hasil olahan susu itu, hasil kreasi kolaborasi tiga Srikandi peneliti senior yaitu Prof Dr Ir Ambar Rukmini MP (Peneliti dari Program Studi Teknologi Pangan Fakultas Teknologi Saindan Teknologi Universitas Widya Mataram/FST UWM). Profesor pertama di UWM ini sekaligus menjabat Dekan FST UWM. Dua peneliti lainya Dr Lily Arsanti Lestari STP MSc (Doktor pada Program Studi Gizi Kesehatan Fakulas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan UGM) dan Aninditya Ratnaningtyas SGz MSc.

Ambar Rukmini bersama dua kolega peneliti merupakan penerima hibah penelitian dari Kementerian Riset dan Teknologi Direktorat Pendidikan Tinggi periode 2019-2020. Penelitian tentang pembuatan yogurt dengan bahan sayur seledri ini berlangsung selama dua tahun.

“Kami menyebut produk ini Yogurt seledri dan menggunakan brand Family Yogurt. Proses kelayakan produk dan hak intelektual telah selesai. Kami sudah mendapatkan HKI (Hak Kekayaan Intelektual dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI,” kata Ambar Rukmini, Sabtu (22/1/2022).

Profesor pertama di UWM itu menjelaskan, berdasarkan hasil uji coba pada tikus putih di laboratorium seledri bisa menurunkan atau menghilangkan kadar kolestoril.

“Dari hasil penelitian, komposisi yogurt seledri ini dapat menurunkan kadar kolesterol total, low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat, meningkatkan HDL (high-density lipo protein/kolesterol baik). Jadi konsumen yang meminum produk ini bisa memenuhi kebutuhan gizi harian sekaligus kesehatannya selalu terjaga,” paparnya.

Komposisi bahan di dalam Yogurt seledri ini susu sapi pasteurisasi, seledri, gula pasir dan dua macam biakan bakteri asam laktat yaitu Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophillusBahan-bahan tersebut menjadikan kandungan gizi yogurt seledri ini sangat tinggi.

“Kemudian asupan yogurt dalam tubuh mudah diserap dalam sistem pencernaan manusia. Selan itu, peran bakteri asam laktat yang diinokulasikan mampu menyeimbangkan mikroflora usus,” jelasnya

Dengan keunggulan komposisi bahan tersebut, Yogurt ini dapat membantu menjaga kesehatan ketika konsumen bisa mengonsumsinya secara teratur.

Produk Yogurt seledri secara massal telah dimulai, kerjasama antara tim peneliti sebagai pemegang hak intelektual dan rumah produksi CV Javaraya Milk, Jalan Merpati 63, Nglarang, Sidoarum, Godean. Peluncuran ke pasar telah dilaksanakan sejak pertengahan Januari 2022, dengan kapasitas produksi awal 30 liter dalam satu minggu.

“Konsumen bisa mendapatkan produk yogurt seledri ini by order atau pesan terlebih dahulu. Dalam waktu dekat, konsumen bisa beli online. Kami sedang menyiapkan dan merintis untuk pemasaran online,” katanya. (*)


share on: