Yayasan UBK Sembelih Sapi Gunakan Alat Peroboh

share on:
Tampak alat peroboh untuk memudahkan penyembelihan sapi || YP-Supardi

Yogyapos.com (BANTUL) - Yayasan Umar bin Khathab (UBK) Ngoto Bangunharjo Sewon Kabupaten Bantul memelopori dan ujicoba menyembelih hewan kurban sapi Idul Adha 1441 Hijriyah, dengan menggunakan alat peroboh.     

"Baru kali ini kami menggunakan alat peroboh. Cara ini dimaksudkan akan lebih praktis, cepat dan mudah,” kata Ketua Yayasan UBK Ngoto, H Triyono Muhammad Harsono didampingi Ketua Panitia Idul Kurban Masjid Baitussalamn, AKBP Purn Aris Waluyo,  di sela menyembelih  hewan kurban, di Masjid Baitusalam komplek ini, Jumat (31/7/2020).

Menurutnya, meski para tenaga yang dilibatkan belum terbiasa menggunakannya, tetapi cara ini relatif lebih praktis dan irit tenaga. Selain itu sapi yang disembelih dengan dijala dan diikat kakinya serta dirobohkan dengan  tampar nampak  binggung, bringas dan cenderung stres. Sedangkan dengan menggunakan alat peroboh, sapi terhindar dari itu.

Idul Adha kali ini, jumlah hewan kurban yang disembelih di masjid Baitusalam sebanyak 6 ekor sapi dan dua ekor kambing. Dagingnya akan dibagikan kepada warga di Ngoto, Tarudan dan sekitarnya.

 Triyono yang juga Pendiri Ponpes Radhatussalam Sedangtirto Berbah Sleman DIY, mengatakan bahwa Yayasan UBK ini didirikan sekitar 10 bulan lalu dengan dimeriahkan sholawatan akbar oleh Habib Syeh dan dihadiri sekitar 20.000 jamaah.

“Yayasan UBK yang pembangunan masjidnya hampr selesai,  juga diperuntukkan serta dimaksudkan  sebagai Islamic Center yang bisa bermanfaat bagi para santri dan masyarakat luas,” ujar pengelola RM Ny Suharti Gedongkuning ini. (Supardi)

 


share on: