UNY Raih Penghargaan dari Ditjen Diktiristek

share on:
Rektor UNY Prof Sumaryanto saat menerima penghargaan di jakarta, Kamis (13/1) || YP-Dedy Herdito

Yogyapos.com (SLEMAN) - Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) raih peringkat terbaik 1 Pengelolaan Data Kerja Sama Perguruan Tinggi Badan Layanan Umum, peringkat terbaik 2 Manajemen Laporan Kerja Sama dan Fasilitasi Kerja Sama Perguruan Tinggi Badan Layanan Umum. Selain itu juga raih peringkat Harapan 1 Unit Layanan Terpadu Perguruan Tinggi Badan Layanan Umumdalam Anugerah Dikti Ristek 2021 yang diselenggarakan secara luring dan daring.

Panghargaan tersebut diterima Rektor UNY Prof Sumaryanto di Jakarta, Kamis (13/1). Kegiatan ini diinisisasi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang terdiri dari beberapa penghargaan yaitu Anugerah Kampus Merdeka, Anugerah Kerja Sama, Anugerah Humas, serta Anugerah Jurnalis dan Media.

Pemberian anugerah ini merupakan apresiasi Ditjen Diktiristek kepada stakeholder yang berasal dari perguruan tinggi, mitra (kementerian, lembaga, serta dunia usaha dan industri), jurnalis, maupun media yang telah berpartisipasi secara aktif dan meraih pencapaian tertinggi dalam mendukung implementasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi.

PLt Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi, Prof Nizam mengatakan pada mulanya program ini diselenggarakan pada akhir tahun hanya untuk anugerah jurnalisme dan anugerah humas karena dipandang penting bagi perguruan tinggi dan kolaborasi penta helix.

“Tahun ini kita tambah dengan dua anugerah baru yaitu anugerah kampus merdeka dan anugerah kerja sama,” katanya.

Nizam mengungkapkan, tahun 2022 akan dibuka program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang lebih besar lagi dan meminta dukungan pada pimpinan perguruan tinggi untuk memberikan kesempatan pada para mahasiswa dengan 20 SKS secara penuh. Juga platform kerjasama dengan industri akan lebih diakselerasi agar hubungan perguruan tinggi dan dunia industri makin erat. Hal ini untuk menjadikan perguruan tinggi sebagai mata air pembangunan SDM bagi pembangunan bangsa dan negara.

Menurut Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama UNY Prof Siswantoyo capaian ini tentu menjadi bagian dari sinergi pimpinan dan seluruh unsur yang terlibat di didalamnya sesuai dengan semangat selalu digaungkan yaitu bersama kita bisa, bersatu kita maju, bermitra kita juara.

“Kedepannya diharapkan tentu dapat lebih meningkat dalam rangka UNY menjadi PTN BH dan universitas pendidikan kelas dunia,” kata Siswantoyo. (Dedy Herdito)


share on: