UNY Dipercaya Sebagai Lokasi Tes CPNS

share on:
Suasana ruangan sebelum tes || YP-Deddy Herdito

Yogyapos.com (SLEMAN) - Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) peroleh kepercayaan dari Kabupaten Magelang untuk menyelenggarakan Computer Assisted Test (CAT) Badan Kepegawaian Negara (BKN) bagi calon PNS di kabupaten tersebut melalui Seleksi Kompetensi Dasar Calon Aparatur Sipil Negara (SKD CASN). Kegiatan berlangsung di UPT TIK UNY pada Rabu (15/9) selama sepekan.

Bupati Magelang Zaenal Arifin SIP dalam sambutannya yang dibacakan Kepala BKPPD Kabupaten Magelang Eko Tavip Haryanto SE menyebutkan, pelaksanaan SKD CASN dengan sistim CAT ini telah menciptakan sebuah proses seleksi yang transparan dan objektif yang hasilnya akan langsung ditampilkan sesudah para peserta seleksi menyelesaikan ujian.

“Para peserta seleksi CASN akan langsung tahu lulus tidaknya sehingga tidak ada celah kecurangan yang dilakukan oleh pihak tertentu,” tegas Eko Tavip Haryanto.

Dijelaskan, kegiatan ini dilaksanakan dengan protokol kesehatan secara ketat sesuai rekomendasi Ketua Satgas Covid-19. Sehingga diharapkan pada panitia dan peserta tes agar mematuhinya.

Eko berpesan pada para peserta tes agar percaya pada kompetensi dan kemampuan diri, hati-hati, cermat, teliti serta fokus dalam mengerjakan soal. “Kami yakin dan percaya kalian semua mampu tapi memang harus diseleksi untuk mendapatkan pegawai yang terbaik,” katanya.

Menurut Kepala Biro UPK UNY Sukirdjo MPd, tahun ini UNY kembali dipercaya untuk menyelenggarakan tes CPNS dan PPPK dimana tes CPNS dalam kewenangan pemerintah daerah dan instansi pusat Kemdikbud Ristek seperti perguruan tinggi, LLDikti atau Balai Kebudayaan.

“Sedangkan tes PPPK dibagi dua bidang yaitu guru dan non guru,” kata Sukirdjo.

Untuk tes PPPK guru dibawah kewenangan Dikbud dan non guru dibawah kewenangan Pemda. Pria kelahiran 5 Juli 1967 tersebut menjelaskan bahwa UNY menyiapkan dua lokasi tes yaitu di LPMPP dan UPT TIK dengan kapasitas masing-masing 165 dan 150 kursi dengan jumlah total 315 orang dalam satu sesi tes. Juga disediakan pula ruang khusus bagi peserta yang bersuhu badan diatas 37 derajat celcius sebagai antisipasi. Tes CPNS dan PPPK ini dibagi menjadi tiga sesi per harinya, kecuali hari Jumat hanya diselenggarakan dua sesi.

Selain Kabupaten Magelang, UNY juga dipercaya menyelenggarakan tes bagi empat wilayah lain yaitu Kabupaten Kebumen, Purworejo dan Temanggung serta Kota Magelang. Kabupaten Magelang mendapat giliran pertama tes di UNY mulai hari ini hingga 22 September dengan jumlah 6.306 orang yang terdiri dari 6.219 CPNS dan 87 PPPK non guru.

Kabupaten Kebumen melakukan tes pada tanggal 22-25 September dengan jumlah 2.540 orang yang terdiri dari 2.357 CPNS dan 183 PPPK non guru. Kabupaten Purworejo tes pada 25-26 September dengan jumlah 1.073 orang yang terdiri dari 1.007 CPNS dan 66 PPPK non guru. Kota Magelang tes pada 26-29 September dengan jumlah 2.302 orang yang seluruhnya CPNS. Begitu pula Kabupaten Temanggung yang mengikuti tes pada 29 September – 7 Oktober dengan peserta 7.779 orang yang seluruhnya CPNS. Total peserta tes baik CPNS maupun PPPK yang diuji di UNY dari kelima kabupaten dan kota tersebut berjumlah 20.000 orang. (Deddy Herdito)


share on: