Terbentuk DPC dan DPD AWPI se DIY

share on:
Koordinator Sumatera-Jawa AWPI, Maya Hasti Edelina Siahaan SH || YP-Ist

Yogyapos.com (YOGYA) -  Asosiasi Wartawan Profesionalis Indonesia (AWPI) berhasil melangsungkan kegiatan internal. Salah satunya dengan membentuk kepengurusan daerah untuk wilayah DIY.

Hal ini sebagaimana disampaikan Koordinator Wilayah Sumatera dan Jawa hasil Kongres Luar Biasa (KLB) Lampung 2019, Maya Hesti Edelina Siahaan SH bahwa pembentukan DPD AWPI DIY merupakan kebutuhan untuk mengakomodasi keanggotaan.

“Pembentukan DPD ini sekaligus dilengkapi kepengurusan di masing-masing DPC,” ujar Hesti kepada yogyapos.com, Sabtu (11/7/2020).

Tercatat sebagai Ketua DPC Yogya Sukoco Hayat DP, Bantul Sugianto, Sleman Drs Sarjana MM, Gunungkidul Supriyanti dan  Kulonprogo Drs Surjana. Kepengurusan di DPC ini selanjutnya segera melakukan rapat kerja untuk kepentingan anggota, sehingga keberadaan organisasi benar-benar bermanfaat bagi para jurnalis yang tergabung di dalamnya dan masyarakat pada umummnya.

Disebutkan, jika ada kepengurusan lain di luar hasl KLB Lampung 2019, maka itu berari oknum-oknum yang tentu saja tidak sah. “Kepengurusan DPC maupun DPD yang sah adalah hasil dari KLB Lampung. Di luar itu tidak sah,” tegas Hasti.

Maya menyatakan wartawan atau jurnalis adalah garda depan perusahaan pers, bagian penting sebagai pilar keempat demokrasi yang memiliki tanggung jawab kontrol sosial (social control). Sedangkan organisasi kewartawanan merupakan wadah ataupun kancah bagi wartawan memperjuangkan profesinya secara profesional dan independen. (Agung DP)


share on: