STAISPA Mewisuda 91 Sarjana

share on:
Wisuda tatap muka terhadap wisudawan terbaik STAISPA || YP-Ist

Yogyapos.com (SLEMAN) - Sekolah Tinggi Agama Islam Sunan Pandanaran (STAISPA) Yogyakarta menggelar acara Wisuda V tahun Akademik 2020/2021 secara virtual dan khusus 91 wisudawan. Semetara wisuda untuk wisudawan terbaik dilakukan secara tatap muka oleh Ketua STAI Sunan Pandanaran, Dr KH Imaduddin Sukamta, di Aula Komplek 1 Pondok Pesantren Sunan Pandanaran, Sleman, Sabtun(25/9).

“Bahwa wisuda V saat ini meluluskan 91 wisudawan. Para wisudawan yang lulus terdiri dari 5 Program Studi yakni Program Studi Ilmu Al-Quran dan Tafsir (IAT) ada 31 wisudawan, Program Studi Ilmu Tasawuf (IT) ada 17 wisudawan, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) 8 wisudawan, Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) ada 23 wisudawan, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) ada 12 wisudawan,” kata Imaduddin Sukamta. 

Selengkapnya jumlah yang diwisuda periode V ini ada 91 wisudawan. Periode IV ada 76, periode III ada 47, periode II ada 47, dan periode pertama ada 30. Total semuanya mencapai 291 lulusan.

Para lulusan STAISPA bukan saja naik secara kwantitas, tapi diantaranya lulusan itu ada yang sudah mengkhatamkan Alquran 30 juz. Lebih menggembirakan lagi, bukan hanya lebih banyak jumlah lulusannya, tetapi di antara yang terbaik dan cepat, juga ada yang sekaligus mengkhatamkan Alquran bil ghoib 30 juz. Untuk wisuda angkatan V ini baru ada 6 wisudawan/wati yang khatam 30 juz bil ghoib. 

“Semoga tahun depan lebih banyak lagi. Saya doakan semoga para hafiz/hafizoh bisa menjaga hafalannya, dan mendapat penjagaan dari Allah SWT, dari segala macam keburukan,” tegasnya. 

Pihaknya lebih mendorong lulusannya menjadi sosok yang memberi manfaat luas kepada publik, bukan sebatas jabatan atau ASN semata. Tidaklah mendoakan lulusan menjadi PNS atau ASN, melainkan semoga para lulusan menjadi orang yang bermanfaat, apakah PNS (ASN), atau jadi wirausahawan, jadi tentara atau polisi, tidak masalah. terpenting adalah sejauh mana semua itu bermanfaat, bagi sesama, sebab orang yang terbaik adalah  yang paling bermanfaat bagi orang lain.

Prinsip kemanfaatan ini adalah sesuai dengan misi utama STAISPA yang termaktub dalam motto yang tertulis di lambang kampus, yakni khadimul ilmi-khadimul ummah, menjadi pelayan ilmu dan pelayan ummat. Menjadi orang yang berilmu dan berupaya terus mencari ilmu, untuk dimanfaatkan di masyarakatnya. (Supardi)

 


share on: