Srieni Budi Lestari akan 'Pindahkan' Jepang ke Ndalem Pakuningratan Sompilan

share on:
Poster || YP-Ist

Yogyapos.com (YOGYA) - Fotografer Lanskap yang unik Eni Sri Budi Lestari, akan 'pindahkan' Jepang ke Yogya melalui pameran foto karya-karyanya pada 14-16 Agustus 2022, Ndalem Pakuningratan, Sompilan, Ngasem Kraton Yogyakarta.

Ketua panitia Sigit Sugito mengatakan, fotografer yang akrab disapa Eni ini memiliki latar belakang arkeolog. Dalam menghasilkan karya-karyanya, Eni sangat terpengaruh oleh ilmunya. Ia telah memilih Fotrografi Lanscape dalam berkarya tetapi tidak menutup kemungkinan ada beberapa foto still life yang ditampilkan.

“Eni sudah bertahun-tahun hidup di negara Jepang dan dia sangat mendalami cagar budaya Jepang, bisa dilihat dari beberapa karya fotografinya yang menampilkan bangunan dan keindahan Jepang, disamping bunga-bunga warna warni,” ujar Sigit, Kamis (4/8/2022).

Pameran yang di dedikasikan atas kerinduan kepada kota kelahiranya Yogyakarta setelah 25 tahun menjadi dosen di sebuah universitas di Kyoto Jepang. Pameran foto ini dikurasi oleh Mahendra Dewa, Dosen FSMR ISI Yogyakarta.

Acara ini sekaligus diharapkan menjadi ajang silaturahmi dengan banyak koleganya para lulusan Arkeologi UGM.

Acara ini akan dibuka oleh Guru Besar Emeretius Profesor Inajanti Adrisijanti dan akan diramaikan pembacaan puisi oleh para tokoh seperti, Prof Yudiaryani, Dr Seny Saleh, Yani Saptohudoyo, Marsis Sutopo (Ketua Ikatan Ahli Arkeologi Indonesia), Sigit Sugito, Evi Idawati, Amiluhur Soeroso, Satriya Wibawa, Yudianingtyas dan Menik Ragil.

“Acara ini didukung sepenuhnya oleh Institute Kahade, Yayasan Indonesia Rumah Kebhinekaan dan Panitia Tribute to 3 Komponis Bangsa,” pungkas Sigit. (*/Met)

 

 


share on: