Sosialisasi Pembentukan SDC untuk Peningkatan Perekonomian

share on:

Yogyapos.com (BANTUL) - Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) dan Kedeputian III Kepala Staf Presiden (KSP) dan Dinas Tenaga Kerja dan Trasmigrasi (Disnakertran) Kabupaten Bantul mengadakan sosialisasi pembentukan Skill Development Center (SDC), di Hotel Dafan Banguntapan Bantul, Jumat (18/11/2022).

Sosialisasi mengahadirkan narasumber Direktur Bina Kelembagaan Pelatihan Vokasi Kemenaker Agung Nur Rohmat, Tenaga Ahli Utama Kedeputian III Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Fadjar Wisnuwardani, Bupati Bantul H Abdul Halim Muslim dan empat pakar SDC Bodro Pambuditomo. Kegiatan ini diikuti Kepala OPD, asosiasi usaha ataupun penyelenggara traning calon tenaga kerja dan pelaku usaha.       

“SDC pengertiannya adalah semacam lembaga yang terdiri dari unsur akademisi, pelaku bisnis/dunia usaha, Pemerintah Daerah/Kabupaten dan komunitas. Tujuannya agar daerah berhasil dalam mempersiapkan dan mengadakan pelatihan kerja yang skilnya sesuai dengan kebutuhan dunia kerja dan usaha,” kata Agung Nur Rohmat.

Menurutnya, SDC yang ada jumlahnya empat di Sidoarjo, Banyuwangi, Kendal dan Bandung. Sedangkan yang kelima dan kini sedang disosialisasikan adalah untuk Bantul.

Sementara itu, Fadjar Dwi Wisnuwardhani, menyatakan, SDC merupakan bagian dari keinginan Preseden Joko Widodo guna meningkatkan usaha dan perekonomian dapat lebih tepat, cepat dan efesian dari segi anggaran, waktu dan sasaran.

“Ini juga sesuai dengan salah satu Kepres. Tujuanya agar ada pertumbuhan usaha yang ada menjadi lebih macth antara dunia usaha dengan skill para naker. Ini gunanua menguatkan dsn menumbuhkan perekonomian di masyarakat,” kata Fadjar.

Pada kesempatan sama, H Abdul Halim Muslih, mengatakan Bantul memerlukan SDC dan nantinya akan ada itu.  Kini disosialisasikan. Maka kami menyambut positif dan siap untuk memanfaatkannya.

“Bantul memiliki banyak potensi dan kreatif usaha yang hasil produknya banyak dipasarkan  ke pangsa pasar ekspor. Dengan adanya SDC  sangat membantu dan mendukung pertumbuhan dunia usaha untuk mengurangi kemiskinan dan pengangguran,” kata Halim.

Di sela acara ini, Kepala Disnakertran Bantul, Istirul Widhilastuti, mengungkapkan, adanya SDC ini juga terkait atau berhubungan serta merupakan tindak lanjut dengan didirikannya Balai Latihan Kerja Terpadu di Bantul yang pembangunan gedunhnya masih berlangsung.

“Kami siap untuk memanfaatkan dan memfungsikan SDC Bantul. Ini untuk menyiapkan naker yang sesuai dengan dunia kerja sehingga akan semakin efektif dan tepat guna,” tutur Istirul. (Spd)

 


share on: