Simulasi Pemungutan Suara Menekankan Kepatuhan Prokes

share on:
Sekilas pemandangan simulasi pemungutan suara yang digelar KPU Bantul, sabtu (21/11/2020) || YP-Supardi

Yogyapos.com (BANTUL) - Memasuki H-18 Pilkada 2020, KPU Bantul menggelar simulasi pemungutan suara, Lapangan sepakbola Pasutan Trirengo Bantul, Sabtu (21/11/2020). Langkah ini dilakukan untuk meminimalisir kekeliruan bagi pengguna hak pilihnya saat pelaksanaan. Selain itu juga agar mereka mematuhi protokol kesehatan (prokes) terkait pandemi Covid-19.

Ketua KPU Bantul, Didik Joko Nugroho didampingi Divisi Teknis KPU Bantul, Joko Santosa, disela acara ini menjelaskan simulasi pemungutan dan penghitungan suara ini, arahnya untuk mempraktikkan tata cara di TPS. Yakni sejak petugas membuka pemungutan sampai dengan pengiriman hasil penghitungan ke kecamatan.

Para pelaku yang dilibatkan dalam simulasi ini adalah petugas KPPS yang mereka nantinya juga akan bertugas di tanggal 9 Desember 2020. Dalam simulasi juga dipraktikkan prokes di setiap tatacara pemungutan suara. Diantaranya para pemilih diukur suhu tubuhnya, diberikan sarung tangan untuk sekali pakai dan menjaga jarak di TPS.

“Dalam simulasi inj juga dilakukan praktek pengisian formulir hasil dengan metode aplikasi SIREKAP. Kendati hasil akhir yang akan digunakan adalah hasil perhitungan manual, akan tetapi SEREKAP tetap akan dijalankannya sebagai bentuk publikasi dan transparansi proses penghitungan suara,” katanya. 

Pantauan yogyapos.com menunjukkan, di TPS ini dilengkapi dengan alat pelindung diri yaitu face shield dan masker untuk KPPS, hand sanitizer dan perlengkapan cuci tangan. Selain itu juga diberikan perlengkapan sprayer beserta disinfektan. Proses sterilisasi dengan disinfektan di TPS juga dilakukan secara berkala oleh petugas ketertiban TPS sejak sebelum pemungutan suara dimulai sampai dengan penghitungan suara selesai.

Sekda Bantul, Helmi Jamharis saat mewakili Pjs Bupati, berharap simulasi ini bisa bermanfaat dan mampu memberikan gambaran kepada masyarakat tentang tatacara dalam melakukan pencoblosan di TPS. (Supardi)

 


share on: