Sendangrejo Sleman Dicanangkan Sebagai Kawasan Pertanian Sehat, Bupati Gelontorkan Bantuan

share on:
Pencanangan kawasan pertanian sehat untuk komoditas padi di wilayah Kalurahan Sendangrejo, Kapanewon Minggir, Selasa (3/10/2023) || YP-Ist

Yogyapos.com (SLEMAN) – Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan mencanangkan kawasan pertanian sehat untuk komoditas padi di wilayah Kalurahan Sendangrejo, Kapanewon Minggir, Selasa (3/10/2023).

Kegiatan pencanangan dilakukan oleh Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo secara pada tiga kelompok tani di wilayah Kalurahan Sendangrejo dan Sendangarum, Kapanewon Minggir.

BACA JUGA: Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Mengenang Pahlawan yang Gugur Akibat Kekejaman PKI

“Tuntutan yang tinggi akan kesehatan manusia dan lingkungan mendorong kita menerapkan budidaya tanaman secara sehat, ramah lingkungan dan berkelanjutan. Maka dari itu, Pemerintah menggecarkan sistem budidaya sehat, setelah dimulai dari komoditas telur dan sekarang padi,” jelas Kustini. 

Bupati Kustini memberikan bantuan secara simbolis kepada Gapoktan || YP-Ist

Menurutnya, peningkatan produksi pertanian tidak melulu dari sisi kuantitas saja, tetapi juga dari sisi kualitas. Dengan adanya kawasan pertanian sehat ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas produk-produk pertanian Sleman sehingga nilai ekonominya pun ikut naik dan baik untuk kesejahteraan petani. 

BACA JUGA: Malam Tirakatan di Monumen Pancasila Dihadiri Danrem Brigjen TNI Joko Purnomo

“Selain berpengaruh kepada kesejahteraan para petani, peningkatan kualitas produksi pertanian juga tentu akan berpengaruh kepada perlindungan konsumen dan mendukung generasi yang sehat dan berkualitas,” katanya. 

Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Sleman, Suparmono menuturkan Budidaya Tanaman Sehat merupakan metode budidaya yang diadopsi dari salah satu prinsip Pengendalian Hama Terpadu, dimana dalam membudidayakan tanamannya memadukan semua tehnologi budidaya berbasis ramah lingkungan sehingga dihasilkan tanaman yang sehat, lingkungan yang lestari dan produk yang aman konsumsi. 

BACA JUGA: Berkat Kejelian Warga, Dua Pencuri Kayu di Hutan Cino Mati Damankan dan 1 Suzuki Carry Disita

"Budidaya Tanaman Sehat dilaksanakan dengan mengoptimalkan peran seluruh komponen agroekosistem seperti musuh alami dan mikroorganisme menguntungkan yang berasosiasi dengan tanaman sehingga kesehatan tanaman, tanah, dan lingkungan akan semakin meningkat,” jelasnya. 

Bupati Kustini dan unsur terkait || YP-Ist

Budidaya Tanaman Padi Sehat akan menjadi solusi hidup sehat yang harus selalu kita jaga dan lestarikan untuk keberlangsungan masyarakat yang sehat. Terlebih, kebutuhan akan beras saat ini sangat tinggi, meningkatkan peluang terjadinya kegiatan budidaya padi yang intensif (2-3 kali setahun). 

BACA JUGA: Dari Banyuraden UWM Membangun Peradaban Baru Berkemajuan

“Apabila kegiatan budidaya tersebut tidak dikelola dengan benar dapat menurunkan kualitas lahan budidaya padi akibat ketidakseimbangan ekosistem. Oleh karena itu perlu adanya upaya mengembalikan kondisi kesuburan tanah agar tanaman padi dapat berkembang dengan baik,” ujarnya. 

Dalam kesempatan tersebut dilakukan panen bersama oleh Bupati Sleman beserta jajarannya. Selain itu juga diserahkan bantuan benih padi, pestisida biologi, pembenah tanah, pupuk hayati padat dan pupuk organik padat, kepada sejumlah Gapoktan di wilayah Sleman. (*/Agn)

 


share on: