Seminar Pancasila Kesbangpol Sleman untuk Kemajuan Kehidupan Bangsa

share on:
Para pembiacara dalam Seminar Pancasila mengusung tema ‘Kalurahan Berkarakter Pancasila Sebagai Upaya Revitalisasi dan Reaktualisasi Nilai-nilai Pancasila’, di Hotel Prima, Rabu (16/6/2021) || YP-Agung Dwi Purwanto

Yogyapos.com (SLEMAN) - Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Dinas Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggelar Seminar Pancasila mengusung tema ‘Kalurahan Berkarakter Pancasila Sebagai Upaya Revitalisasi dan Reaktualisasi Nilai-nilai Pancasila’, di Hotel Prima, Rabu (16/6/2021).

Seminar diikuti Babinsa, Kamtibmas, PKK dan Karang Taruna dari tiga Kalurahan Sardonoharjo (Ngaglik) Sidoagung (Godean) dan Umbulmartani (Ngemplak).

“Pada kesempatan ini kami atas nama Pemerintahhan Kabupaten Sleman mengapresiasi Kesbangpol yang telah mendukung penyelenggaraan Seminar Pancasila. Ini merupakan kesinambungan dari acara serupa yang telah digelar sebelumnya,” ujar Drs Joko Suprianto MSi selaku Plt Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat dalam membacakan sambutan Bupati Slemam.

Joko Suprianto lebih lanjut mengungkapkan, seminar sekaligus sebagai rujukan dan inspirasi bagi upaya menjawab tentangan kehidupan bangsa dalam melaksanakan pembangunan Daerah berdasarkn Pancasila dan UUD 45, Kesatuan Bangsa dan Bhineka Tunggal Ika.

Dinamika sosial politik dan budaya saat ini berkembang dengan pesat disaat akses informasi terbuka luas. Hal tersebut membawa dampak positif maupun negatif bagi kehidupan bermasyarakat bernegara.

“Maraknya ujaran kebencian aksi-aksi radikalisme, tawuran, isu SARA yang terjadi akhir-akhir ini bila tidak ditangani dengan baik akan menggagu intergrasi bangsa. Dan ini suatu indikasi lemahnya nilai-nilai Pancasila dalam berkehidupan dimasyarakat,” tandas Joko.

Sementara itu Kepala Dinas Kesbangpol, Drs H Heri Sutopo MM MSc sebagai pelaksana kegiatan dalam laporan mengatakan bahwa dasar pelaksana kegiatan diantaranya Intruksi Presiden Republik Indonesia Nomor: 12 Tahun 2016 Tentang Gerakan Nasional Revolusi Mental. Disamping itu Peraturan Bupati Nomor: 104 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Badan Kesatuan Bangsa dan Politik. (Agung DP) 

 

 


share on: