Selama Januari, Digelar Pameran Batik di Loby TVRI Yogyakarta

share on:
Sekreteris Asosiasi Batik dan Tenun Dedi Iriyanto saat berkunjung ke lokasi pameran batik, di TVRI Yogyakarta, Rabu (19/1/2022) || YP-Ist

Ypogyapos.com (SLEMAN) - Asosiasi Batik dan Tenun Nusantara (ABTN) menyelenggarakan Pameran Batik  dan Tenun Nusantara selama Januari 2022, di loby TVRI Yogyajarta. Pameran tersebut diikuti para perajin batik dan tenun yang bargabung ABTN dari DIY maupun dari luar seperti Sulawesi dan Madiun, selama 30 menit peserta jugamenjadi Nara sumber TVRI Yogya.

Kepala Dinas Pariwisata Sleman Suparmono pada media saat berkunjung di lokasi pameran, Rabu (19/1), menghaturkan terima kasih pada TVRI Yogya atas respon yang positif pada UMKM Batik yang ada di Sleman kegiatan ini membuktikan bahwa masing masing ekosistem pada sub sektor ekonomi kreatif  sudah saling berinteraksi untuk kepentingan bersama saling menguntungkan.

“Ini perlu dijaga secara berkesinambungan dan saya kira sudah semua sektor untuk saling mendukung untuk akselerasi pemulihan ekonomi di masyarakat,” ungkap Suparmono.

Sementara itu Sekreteris Asosiasi Batik dan Tenun Dedi Iriyanto pada yogyapos.com mengatakan, dengan diselenggarakan pameran yang bekerja sama dengan TVRI Yogya selama satu bulan dan harapannya setelah down akibat pandemi Covid-19 ini pembuka awal setelah terus berlanjut. Setelah ini, kemungkinan ada kesepakatan menjadi kalender rutin mengharap tiga bulan sekali dengan kerja sama pada momen tertentu.

Tin Dels Marce Ndawu peserta pameran dari Palu Sulawesi Tengah mengungkapkan, ia memulai batik berawal dari tahun 2018, namun karena terkendal Corona sekarang mulai bangkit lagi dan baru untuk mengenalkan batik motif Sulawesi tengah dengan mengikuti pameran. Dan harapanya dengan adanya pameran ini agar Batik Mori lebih dikenal lagi terutama di kota Palu dan sekitarnya.

“Dengan mengikuti pameran harapannya di kota asalnya lebih dikenal terutama ASN nya untuk bisa menggunakan motif sulawesi ini. Mengikuti pameran ini karena di undang dari asosiasi,” ujarnya. (Agn)

 


share on: