Sejumlah Sinden Akan Ramaikan Pentas Kethoprak di Kalurahan Canden

share on:
Sejumlah sinden dan pemain lelaki yang akan ikut meramaikan pentas kethoprak di Pendapa Kalurahan Canden, Babtul, Sabtu (23/9/2022) || YP-Ist

Yogyapos.com (BANTUL) - Para pesinden/waranggono Bantul yang tergabung dalam Pasiban (Para Pesinden Bantul) siap untuk menjadi pemain pertunjukan ketoprak Mataram, di Pendapa Kalurahan Canden Kapanewon Jetis Kabupaten Bantul, pada Sabtu (24/9/2022) malam.

Penegasan tersebut disampaikan Ketua Forum Kesenian Kethoprak Bantul (FKKB) yang juga Lurah Canden, AKBP (Pur) Beja WTP. Pertunjukan ketoprak kali ini akan mengusung lakon ‘Wijaya’, karena para pemainnya para wanita yang berprofesi sebagai warangggono (sinden). Tontonan cerita carangan diyakini menarik perhatian masyarakat. Bakal menghibur para penonton, apalagi selama pandemi tidak ada pentas seni secara langsung.

“Ini salah satu inovasi dalam seni kethoprak untuk memberikan hiburan kepada penonton. Namun kami tanpa mengurangi paugeran (ketentuan baku) adiluhung yang ada di dalam seni ketoprak Mataram,” ungkap Beja, Jumat (23/9/2022).

Selain merupakan hiburan, pergelaran ini untuk melestarikan dan menggiatkan kesenian adiluhung bagi masyarakat sekitar. Bahkan didukung oleh seorang caleg dapil DIY dari salah satu partai politik.

Panitia mengharapkan agar para penonton menjaga ketertiban dan keamanan dengan seksama karena pentas seni bertepatan dengan hari tenang pemihan lurah serentak Bantul 2022. (Spd)

 

 

 

 


share on: