Santun Bersepeda untuk Keselamatan Bersama

share on:
Kampanye Jogja Santun Bersepeda disambut antusias oleh komunitas goweser || YP-Ist

Yogyapos.com (YOGYA) - Sejumlah penggiat sepeda melakukan aksi kampanye ‘Jogja Santun Bersepeda’. Aksi ini dilakukan pada Minggu (2/82020) pagi di tiga titik. Yakni Tugu Pal Putih, Posko Gumaton (teteg sepur Malioboro) dan Nol Kilometer. Sejumlah banner pun dibentangkan para penggiat sepeda ini. Seperti: Ngeblong Sosor Andong, Bangjone Abang Ojo Mblandang, Wani Ngepit Wani Tertib dan Sepeda Suka-suka Tapi Tetap Beretika.

Koordinator aksi, Noor Arief mengatakan, aksi ini untuk memberi edukasi kepada masyarakat agar tertib berlalu lintas. Dan juga menghimbau kepada para pesepeda agar tetap beretika demi keselamatan bersama.

“Aksi ini lintas komunitas. Tujuannya mengingatkan agar tertib bersepeda. Bukan hanya untuk pesepeda pemula, namun juga para rekan-rekan di komunitas. Kami berharap dengan kampanye ini para pesepeda dapat saling menjaga keselamatan, menaati rambu lalu lintas dan menghormati sesama pengguna jalan,” ujar Noor Arief, Minggu (2/8/2020).

Kegiatan ini, lanjut Noor Arief, untuk merespon angka kecelakaan pesepeda di wilayah DIY yang cukup tinggi. “Meski baru sekali dilakukan, harapannya kampanye seperti ini dapat dilaksanakan rutin setiap Minggu pagi. Terkait rencana pembuatan aturan bagi pesepeda, ada beberapa poin yang kurang setuju. Seperti poin penggunaan jenis alat keselamatan. Tidak semua pesepeda mampu menggunakan itu,”

imbuhnya.

Upik Soffie, penggiat sepeda yang tergabung dalam Jogja Women Cyclist (JWC) sangat mengapresiasi kampanye Jogja Santun Bersepeda. “Bersepeda bukan untuk gaya-gayaan. Ada aturannya. Seorang pesepeda pun harus menaati koridor aturan di jalan raya. Tertib, beretika dan menghormati sesama pengguna jalan. Ini sebagai upaya menekan angka kecelakaan dan terciptanya keselamatan bersama,” ujar Upik yang rutin gowes tiap akhir pekan. (Fadholy)

 

 


share on: