RM Seafood Pantai Depok Menggeliat Siap Sambut New Normal

share on:
Pramusaji ini disiplin mengenakan face shield demi kenyamanan tamu || YP-Ist

Yogyapos.com (BANTUL) - Meski belum ada kepastian kapan New Normal akan dimulai, namun sejumlah restauran di kawasan wisata Pantai Depok Bantul telah melakukan berbagai persiapan. Bahkan satu diantaranya Rumah Makan Seafood di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, pekan lalu relaunching pasca penutupan selama hampir 3 bulan.

Pembukaan kembali rumah makan tersebut disertai pemberlakuan protokol kesehatan secara ketat. Dari penyediaan tempat cuci tangan, physical distancing dengan pembatasan jumlah kursi dan meja, penggunaan masker hingga face shield (pelindung wajah) para pramusaji.

Hal ini seperti tampak di RM seafood Salsabila, penerapan protokoler kesehatan benar-benar ketat diberlakukan. Sebab memang disadari hakekat New Normal atau kondisi normal baru ini meniscayakan siapa pun berdisiplin diri dalam hal menjaga kebersihan.

"Koperasi Mina Bahari 45 sudah meminta kepada seluruh pemilik rumah makan seafood untuk menerapkan protokol kesehatan bahkan jika bisa pelayanan yang menyajikan makan menggunakan face shield dan sarung tangan," kata Dardi Nugroho, pengelola RM Salsabila, Kamis (11/6/2020).

Dardi yang kebetulan mantan anggota DPRD Bantul menyatakan, penerapan protokol kesehatan diharapkan agar para tamu yang bersantap menu seafood lebih nyaman dan aman.

Dardi yang akrab disapa Mbah Dargo ini mengaku tidak mengetahui pasti berapa dari 80 rumah makan seafood yang sudah menerapkan protokol kesehatan di kawasan ini. Tapi diyakini semuanya melakukan hal serupa.

Sementara itu, Ketua Koperasi Mina Bahari 45 yang menaungi rumah makan seafood Pantai Depok, Sutarlan mengatakan sudah melakukan sosialisasi agar semua rumah makan seafood menerapkan protokol kesehatan secara ketat termasuk pelayanan yang menyajikan minuman dan makanan menggunakan face shield.

“Rumah makan seafood yang menerapkan protokol kesehatan hingga menggunakan face shield bahkan sarung tangan saat melayani tamu pasti dampaknya rumah makan seafood tersebut akan lebih banyak tamunya dibandingkan dengan rumah makan seafood yang hanya menerapkan protokol kesehatan secara normatif,” tukas pensiunan ASN ini.

Ia juga berharap kondisi wisata di kawasan ini segera bangkit, setelah pemberlakuan New Normal. (*/Met)

 


share on: