Rini Sunaring: Tim Medis Ring 1 Penanganan Corona, Stok APD Tercukupi Sampai Akhir Maret

share on:
Drg Rini Sunaring bersama Banu Hermawan || YP/Fadholy

Yogyapos.com (SLEMAN) - Direktur Operasional RSUP Sardjito drg Rini Sunaring MKes mengatakan, tenaga medis itu berada di Ring 1 penanganan pasien Covid-19. Untuk melakukan tugas kemanusiaan ini pihaknya memberlakukan pemakaian dua jenis model Alat Pelindung Diri (APD) yang dikenakan tenaga medis dalam menangani pasien positif Covid-19. Yakni disposable atau sekali pakai dan reuse atau yang dapat digunakan kembali.

“Adapun APD itu persediaannya masih tercukupi hingga akhir Maret,” kata drg Rini didampingi Kabag Humas Banu Hermawan kepada yogyapos.com, Kamis (26/3/2020).

Rini mengungkapkan, pihaknya melakukan proteksi seoptimal mungkin kinerja tenaga medis tersebut. Bagi tenaga medis yang beroperasi di wilayah gawat darurat menggunakan jenis disposable yang sekali pakai. Sedangkan bagi tenaga medis yang bertugas di bangsal, mengenakan dua model, yakni reuse dan disposable. Ketika ada tindakan pakai disposable tapi kalau pas jaga pakai model reuse. “Untuk menjaga sterilisasai dan kesehatan tenaga medis, kami mewajibkan seluruh tenaga medis agar mandi di rumah sakit sebelum pulang ke rumah,” jelasnya.

Menurutnya, dokter, perawat maupun tenaga medis di RSUP Sardjito seluruhnya dalam keadaan fit. “Dokter, perawat dan tenaga medis, Alhamdulillah sehat semua dan mohon doanya untuk diberikan kekuatan,” imbuhnya.

Terkait ketersediaan APD, pihak RSUP Sardjito mengaku dapat tercukupi hingga akhir bulan Maret. Lantaran baru saja mendapat tambahan stok dari Dinkes DIY. Menurut Banu, awal minggu ini pihaknya dapat stok tambahan dari Dinkes DIY yang cukup lumayan. Untuk bulan ini APD sudah tercukupi dengan rata-rata perhitungan kasusnya masih seperti ini.  Kalau nanti kasusnya melonjak itu beda persoalan,” ujar Banu.  

Prosedur pemakaian APD reuse di Sardjito ada pihak binatu infeksius yang ada di rumah sakit ini jadi tidak dilakukan di luar. Setelah keluar sudah steril dan bisa digunakan lagi. (Dol)

 

 


share on: