PT Scorindo Melirik Kawasan Selatan Goa Selarong untuk Pembangunan 150 Rumah

share on:
Bupati Bantul dan jajaran Direksi PT Scorindo usai audiensi || YP-Supardi

Yogyapos.com (BANTUL) - PT Scorindo merencanakan kawasan di sebelah selatan Goa Selarong Goasari Pajangan Bantul sebagai alternatif pembangunan hibah 150 rumah untuk mengatasi kekumuhan.

"Ini merupakan salah satu lokasi yang kemungkinan bisa untuk lokasi pembagunan perumahan dan pemukiman. Ya lahannya berada di sebelah selatan Obyek Wisata Goa Selarong,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata Bantul, Kwintarto Heru Prabowo saat audensi dengan Bupati Bantul, Selasa (16/6/2020).

Kwintarto menegaskan, alternatif tempat untuk pembangunan 150 rumah sebagai kawasan perumahan dan pemukiman di sana karena lokasinya berdekatan dengan Goa Selarong, memiliki sejarah perjuangan Pangeran Diponegoro melawan kolonial Belanda.Hal itu dinilai tepat dari sisi sejarah dan pariwisata, sebagai upaya pelestarian nilai-nilai sejarah dan budaya Jawa.

"Artinya diharapkan perumahan itu nanti bukan hanya sekadar perumahan dan pemukikan, namun juga menjadi bagian dari pusat sejarah,” terangnya.

Sementara itu Bupati Suharsono menyambut positif tawaran ini, kendati belum bisa ditentukan untuk diterima ataupun tidak.

"Kami harus mempelajari terlebih dahulu secara cermat besama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan pihak terkait,” kata Suharsono.

Rencana pembangunan perumahan ini dianggarkan antara Rp 50.000.000.000 - Rp 100.000.000.000 dari pihak tertentu untuk 4 wilayah dan salah satunya untuk Bantul. (Supardi)

 


share on: