Prof Sumaryanto: Wisudawan UNY Harus Kuasai Keterampilan Abad 21

share on:
Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Prof Dr Sumaryanto MKes || YP-Deddy Herdito

Yogyapos.com (SLEMAN) - Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Prof Dr Sumaryanto MKes mengatakan, pendidikan merupakan investasi peradaban sebuah bangsa yang dapat menjadikan sebuah negara kuat dan maju. Setiap bangsa, termasuk Indonesia menyusun berbagai strategi pembangunan generasi penerusnya melalui pendidikan yang berkualitas. Ini sejalan dengan prioritas utama pemerintah yaitu pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas untuk dapat berkompetisi dan berinovasi dalam kehidupan.

Baca juga :  Dita Ardwiyanti, Guru SD Lulus Magister dengan IPK 4

Hal itu disampaikannya di hadapan para wisudawan UNY, Sabtu (27/11). Acara wisuda diikuti 1.490 orang terdiri dari 13 orang Program Doktor, 299 orang Program Magister, 1.024 orang Program Sarjana, dan 154 orang Program Diploma denganpenyandang predikat cumlaude sebanyak 853 orang.

Sumaryanto menegaskan, bagi UNY yang dipersiapkan untuk menjadi calon guru telah memiliki empat kompetensi yang diamanatkan dalam undang-undang guru dan dosen, yaitu: kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial.

“Secara kualifikasi akademik, anda telah memenuhi persyaratan untuk menjadi guru/tenaga kependidikan yang ditambah dengan empat kompetensi tersebut anda akan menjadi guru/tenaga kependidikan profesional,” katanya.

Oleh karenanya, Program Profesi Guru (PPG) yang UNY selenggarakan baik pra maupun dalam jabatan akan memberikan penambahan sejumlah kompetensi sehingga peserta berhak mendapatkan sertifikat pendidik. Selain itu juga dapat meningkatkan kualifikasi akademik dengan melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

Rektor juga mengingatkan para wisudawan dari program studi non-kependidikan untuk memiliki kemampuan adaptif dan fleksibilitas di dunia kerja. Pekerja yang mempunyai kemampuan adaptif dan fleksibel cenderung akan mempunyai tingkat well being yang lebih baik. Sebagai lulusan di era perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu pesat ini, para wisudawan juga wajib memiliki kemampuan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi yang menjadi ciri dunia kerja di era digital (Abad-21).

Selain itu wisudawan juga dapat memperkuat diri dengan memiliki kompetensi lain di luar kompetensi utama yang merupakan kemampuan tambahan terkait potensi yang anda miliki. Kepemilikan Keterampilan Abad-21 yang meliputi Communication, Collaboration, Creativity, Critical Thinking akan sangat membantu untuk berkembang di masyarakat. Berbagai kemampuan itu menjadikan lebih kuat dan maju dalam berbagai hal sehingga mampu untuk berkompetisi dalam persaingan global yang semakin kompetitif saat ini.

Wisuda kali ini masih dalam bulan yang sama dengan Peringatan Hari Pahlawan yang mengangkat tema Pahlawanku Inspirasiku.Tema ini mengandung arti bahwa setiap insan masyarakat Indonesia seyogyanya memiliki semangat kepahlawanan dan tergerak hatinya untuk membangun negeri sesuai potensi dan profesi masing-masing.

Pada wisuda kali ini UNY berhasil meluluskan 252 sarjana penerima program Bidikmisi. Lulusan tercepat jenjang S1 diraih Fauzi Noor Aryadhi prodi PGSD Pendidikan Jasmani dengan waktu 3 tahun 5 bulan, jenjang D3 Rikki Ar Rochim prodi D3 Teknik Otomotif dalam waktu 2 tahun 5 bulan.

Lulusan termuda jenjang S1 diraih Wulan Suci Rahmawati prodiPendidikan Pendidikan Bahasa Jerman dalam usia 20 tahun 9 bulan dan jenjang D3 Ilham Risky Mabrur prodi D3 Manajemen Pemasaran dalam usia 20 tahun 1 bulan

Indeks prestasi tertinggi lulusan jenjang S1 diraih Putri Raihana Aulia prodi Akuntansi dengan IPK 3,91 sedangkan jenjang D3 diraih Putri Reza Damayanti prodi D3 Administrasi Perkantoran dengan IPK 3,83. (Deddy Herdito)

 


share on: