PPKM Level 3, Disbud Sleman Realisasi Program Pentas Seni

share on:
Kepala Bidang Kesenian Disbud Sleman, Siswanto || YP-Agung Dwi Purwanto

Yogyapos.com (SLEMAN) - Penurunan status level 3 Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), menginspirasi Dinas Kebudayaan (Disbud) Sleman untuk merealisasi program-program pertunjukan kesenian. Sejumlah agenda di bulan September pun tengah disiapkan dengan tetap menggunakan protokol kesehatan.

Kepala Bidang Kesenian Disbud Sleman, Siswanto di Pendopo Paramsaya, Selasa(7/9) mengatakan selama pandemi Covid-19 kegiatan seni dan budaya di wilayahnya tidak berjalan. Para seniman dan pekerja seni merindukan untuk mengeskpresikan karya-karya kreatifnya.

Karenanya berkaitan penurunan status level 3 PPKM ini, pergelaran kesenian akan diawali pada 10-12 September berupa pentas seni di Gedung Kesenian. Selain itu diadakan lomba lukis tingkat TK, SD, SMP dan SMA untuk mading-masing katagori 40 peserta dan berlangsung 14-17 September. Dan untuk menghindari kerumunan, maka para peserta tidak dikumpulkan. Tapi mereka dipersilahkan melukisn dari rumah kemudian dikumpulkan panitia di Gedung Serbaguna.

“Lomba lukis merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan berjenjang. Pemenang nantinya akan diikut sertakan di event tingkat DIY,” ungkap Siswanto.

Dikatakan, Dinas Kebudayaan juga akan menggelar festival kethoprak tingkat Kapanewon yang akan berlangsung selama sembilan hari, sejak 18 samapai 26 September 2021. Kegiatan ini diikuti 17 Kapanewon yang melibatkan 30 orang setiap grup tanpa penonton.

Masih di bulan September juga akan diselenggarakan festival teater diikuti perwakilan dari masing-masing Kapanewon tanggal 27 dan 28 September.

Dinas Kebudayaan selain mengadakan kegiatan yang bersifat pementasan juga akan melakukan pembinaan sanggar seni di desa-desa, serta bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan DIY mengadakan vaksinasi bagi pelaku seni dan budaya. “Kegiatan ini menggunakan dana keistimewaan,” tandasnya. (Agung DP) 


share on: