PMI Tempel, Sekali Beraksi Terkumpul 40 Kantung Darah

share on:
Suasana donor darah yang diselenggarakan PMI Kapanewon Tempel, Sleman, Kamis (26/11/2020) || YP-Eko Purwono

Yogyapos.com (SLEMAN) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kapanewon Tempel menggelar aksi donor darah, dilangsungkan di area Taman Merdiko, Kalurahan Merdikorejo, Kapanewon Tempel, Kamis (26/11/2020). Dari aksi yang dihadiri Ketua PMI Sleman, Sunartono, ini berhasil dikumpulkan sebanyak 40 kantung darah.

“Mulai tahun 2020 ini memang kita  menggerakkan PMI kapanewon untuk bisa menggerakkan masyarakat untuk berdonor darah, sehingga donor darah ini menjadi style atau pola hidup masyarakat, dan dapat menumbuhkan rasa kebersamaan,” terang Sunartono kepada yogyapos.com, usai membuka acara.

Selain itu, harap dia, melalui kegiatan ini kebutuhan darah khususnya di wilayah kabupaten Sleman menjadi tercukupi, yang selama ini kadang-kadang kita harus mendatangkan dari kabupaten lain lain. Untuk mendapatkan darah di PMI cukup menunjukkan identitas yang berlaku, seperti KTP.

“Mulai tahun 2019  darah yang disumbangan lewat PMI ini, untuk penduduk Sleman akan diberikan secara cuma-Cuma. Sebelumnya darah yang akan didonorkan kepada pasien harus melalui proses tidak bisa diberikan secara langsung, dulu sebelum 2019 proses ini dibebankan kepada pasien karena biaya ini belum ada yang menanggung, namun mulai tahun 2019 pemerintah kabupaten Sleman membiayai biaya pengolahan darah perkantong Rp 360 ribu,” ungkapnya.

Salah satu anggota PMI Kapanewon Tempel, Utma Masniyati Saniya mengatakan kegiatan donor darah di Kapanewon Tempel melibatkan beberapa komunitas relawan diantaranya Laskar Pitulung, sejumlah donatur serta masyarakat umum.

“Alhamdulillah dalam donor darah ini dapat terkumpul sebanyak 40 kantung darah. Kita juga difasilitasi tempat ini dari Taman Merdiko, kita ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar,” ujarnya.

Disela acara dihelat juga prosesi pemotongan tumpeng oleh Sunartono memandai diawalinya kegiatan donor darah di wilayah Tempel, yang selanjutnya diberikan kepada Ketua PMI Kapanewon Tempel, Kelik Sujiana. (Eko Purwono)

 

 

 

 


share on: