Permudah Kerja Perajin, FastRobotic Ciptakan Alat Dekoratif Keramik

share on:
Aji Setiawan menunjukkan Apdeko hasil ciptaannya || YP/Fadholy

Yogyapos.com (BANTUL ) - Tujuan dasar sebuah teknologi diciptakan atau dikembangkan, yaitu untuk mempermudah penggunanya. Berangkat dari misi tersebut, Tim FastRobotic berhasil menciptakan Apdeko (Alat Putar Dekoratif Keramik). Yakni sebuah alat untuk mempermudah para perajin keramik tradisional dalam proses membuat gerabah. Dengan menggunakan Apdeko, para perajin dapat mempersingkat waktu produksi dibanding alat manual yang biasa digunakan. 
Aji Setiawan pencipata Apdeko dalam sesi launching, Sabtu (20/7) pagi mengatakan, pembuatan mesin ini berawal dari studi lapangan yang dilakukannya di daerah Kasongan dan Pundong Bantul. Pihaknya lalu mendapati para perajin membuat gerabah dengan menggunakan alat tradisional. Dengan alat manual tersebut para perajin harus susah payah memutar kayu berbentuk lingkaran menggunakan tangan maupun kaki.  selain itu beratnya alat pemutar membuat tenaga yang dikeluarka juga cukup besar sehingga kurang efektif dari sisi pengerjaan. “Dengan Apdeko ini akan menyingkat waktu produksi maupun tenaga karena menggunakan mesin bertenaga listrik. Putaran manual akan diganti Apdeko secara elektrik sehingga efektif dalam meningkatkan hasil produksi,” ujar Aji Setiawan sembari menunjukkan hasil ciptaannya di Kantor FastRobotic, Wonocatur Banguntapan Bantul.

Alumnus Teknik UNY ini menambahkan, Apdeko memiliki dua komponen utama yakni papan pemutar dan mesin kontroler. Papan pemutar terbuat dari kayu berbentuk lingkaran berdiameter 35 cm yang kuat menahan beban tanah liat seberat hingga 4 kg dengan poros besi di tengahnya. Sedangkan mesin kontroler terbuat dari rangkaian elektrik yang didalamnya terdapat saklar ‘on-off’ hingga pengatur kecepatan putaran.
“Para perajik keramik cukup meletakkan tanah liat di atas alat pemutar dan nantinya mesin akan berputar secarra elektrik earah jarum jam., dan sebaliknya. Kecepatan putaran dapat ditentukan sesuai kebutuhan. 
Mesin ini juga hemat daya, hanya 40 watt. Yang menarik, Apdeko sifatnya portable. Praktis dan efisien. Bisa bongkar pasang,” jelas Aji yang membutuhkan waktu 8 bulan untuk menciptakan Apdeko.

Untuk saat ini FastRobotic dalam perhari bisa membuat 10 unit Apdeko. Satu unit Apdeko dibanderol seharga Rp 1,3 juta. Saat ini pihaknya juga tengah mendaftarkan Apdeko ke Ditjen Hak Kekayaan Intelektual agar produk ini mendapat hak paten dan tidak dijiplak pihak lain. (Dol)

 

 

 

 
 


share on: