Peringatan Satu Abad Kalurahan Kebonagung Dimeriahkan Kirab Budaya

share on:
Krab budaya memperingati Satu Abad Kalurahan Kebonagung Bantul, Sabtu (24/2/2024) || YP-Supardi

Yogyapos.com (BANTUL) - HUT ke-100 Kalurahan Kebonagung Kapanewon Imogiri Kabupaten Bantul, diperingati dengan serangkaian kegiatan upacara dan kirab budaya, di Lapangan Sepakbola Kebonagung, Sabtu (24/2/2024).

BACA JUGA: Peroleh Suara Terbanyak, Eko Djoko Widiyatno SH MH dari PKB untuk DPRD Yogya

Upacara dipimpin Bupati Bantul Abdul Halim Muslih, dilanjutkan kirab budaya menampilkan bregodo dan grup kesenian tradisional dari seluruh padukuhan. Kirab budaya mengambil start di bulak Kebonagung dibuka oleh Lurah Kebonagung Marjiyem, turut hadir pula Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar Dapil DIY, Drs HM Gandumg Pardiman MM.  

BACA JUGA: Lulusan Fisipol UWM Perlu Menjadi Intlektual Solutif

Dalam upacara ini juga ditampilkan berbagai kesenian diantaranya tarian tradisioanal jawa, pembacaan kidung dan macapat. Meskipun saat berlangsunh kirab diguyur hujan, namun para parogo (personel) kesenian dan bregodo tetap semangat melakukan kirab.

“Saya mengucapkan selamat memperingati Satu Abad Kalurahan Kebonagung. Dengan acara ini diharapakan mampu meningkatkan kinerja Pemerintah Kalurahan Kebonagung dan Pemkab Bantul,” kata Abdul Halim Muslih dalam sambutanya.

BACA JUGA: PSU di Lima TPS Wilayah Bantul Berlangsung Kondusif

Sementara itu, Gandung Pardiman usai acara ini, menyatakan HUT Satu Abad Kebonagung ini harus dapat diambil sisi baiknya. “Sisi positif itu mengingatkan kita tentang sejarah, melestarikan seni budaya jawa dan memperkuat kebersamaan serta menghibur warga. Saya sangat mendukung acara ini,” ungkapnya.

Menurutnya, pada Pemilu 2024 baru lalu kebetulan Kebonagung termasuk menyumbang suara cukup signifikan ke Golkar. (Spd)


share on: