Pendaftaran UTBK SBMPTN Online Telah Dibuka

share on:
Suasana pendaftaran SBMPTN di UPN Yogya 2018. Kondisi antuasiasme mendaftar SBMPTN demikian bakal terulang di 2019 | YP/Sulistyawan

Yogyapos.com (SLEMAN) - Pendaftaran Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK) Gelombang pertama sebagai syarat mengikuti SBMPTN 2019 sudah dapat dilayani. Periode pendaftaran berlangsung mulai 1 - 24 Maret 2019 di laman https://pendaftaranutbk.sbmptn.ac.id. Sedangkan pendaftaran gelombang kedua akan dilaksanakan pada 25 Maret – 1 April 2019.

Menurut Panitia SBMPTN, Dr Hendro Widjanarko SE MM , pendaftaran secara online dapat dilakukan mulai pukul 10.00 dan akan ditutup pada pukul 23.59 WIB. Oleh karena itu, panitia berharap agar waktu yang tersedia tersebut dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya. 

“Untuk mengikuti SBMPTN, peserta wajib mengikuti UTBK. Karena nilai dari hasil UTBK baru bisa digunakan untuk mendaftar di SBMPTN,” ujar Hendro kepada yogyapos.com, Kamis (28/2/2019) 

Dijelaskan Hendro, peserta Tes Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2019 dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp.200.000 untuk setiap tes. Dan setiap peserta hanya mempunyai kesempatan untuk  mengikuti UTBK maksimal sebanyak dua kali saja. Dari dua kesempatan tersebut, peserta dapat menggunakan nilai tertinggi untuk mendaftar program studi yang diinginkan pada dua kali UTBK.

Mengenai kuota calon mahasiswa yang diterima dari jalur SNMPTN, SBMPTN dan Seleksi Mandiri UPNVY. UPNVY menerima 20% dari SNMPTN, 50% dari SBMPTN dan 30% dari Seleksi Mandiri. UPNVY menyediakan 21 program studi dengan total kuota 3.180 mahasiswa. Perkiraan jumlah kursi SNMPTN UPNVY sebesar 636 kursi, 1591 kursi untuk SBMPTN dan Seleksi Mandiri sebanyak 953 kursi.

“Guna mendukung terselenggaranya  UTBK, UPNVY menyediakan sejumlah 815 unit computer,” ujar Hendro.

Selain mempersiapkan fasilitas unit komputer, UPN “Veteran” Yogyakarta, persiapan lainnya adalah  penyelenggarakan workshop Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2019. Workshop yang berlangsung di Hotel Grand Dafam Rohan  pada Kamis (28/2/2019) bekerjasama dengan sejumlah petugas teknisi teknologi informasi dari 5 sekolah  di DIY yaitu SMK N 1 Depok, SMK Penerbangan AAG Adisucipto, SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta, SMK N 5 Yogyakarta dan SMK N 6 Yogyakarta. 

Wakil Rektor Bidang Akademik Dr Ir Suharsono mengungkapkan, pelaksanaan tes yang dilaksanakan pada 13 April 2019 hingga 26 Mei 2019 merupakan peristiwa penting yang sangat menentukan nasib para siswa. Oleh karena itu, mereka perlu mendapatkan pelayanan yang sebaik-baiknya,karena seleksi ini merupakan penentuan masa depan mereka.  Oleh karena itu, workshop ini juga sebagai slaah satu persiapan agar pada pelaksanaan nantinya dapat berjalan dengan lancar. 

“Sebelum pelaksanaan tes UTBK, terlebih dulu akan diadakan uji coba tes UTBK di seluruh Indonesia pada tanggal 9 Maret 2019. Saya berharap semoga pelaksanaan UTBK SBMPTN 2019 dapat berjalan dengan lancar,” ujar Suharsono. (Sulistyawan) 

 

 

 

 

 

 

 

 


share on: