Pemkab Bantul Mencanangkan Bulan Imunisasi

share on:
Bupati Drs H Suharsono dan Kepala Dinas Kesehatan, dr Agus Budi Raharjo dalam launching pencanangan Bulan Imunisasi di SDN I Segoroyoso, Pleret, Bantul, Rabu (16/9/2020) || YP-Supardi

Yogyapos.com (SLEMAN) - Pemerintah Kabupaten Bantul mencanangkan ‘Bulan Imunisasi dan Penjaringan Kesehatan Anak Sekolah’ SD/MI atau yang sederajat. Pencanangan dilaaunching oleh Bupati Drs H Suharsono dan Kepala Dinas Kesehatan, dr Agus Budi Raharjo, di SD Negeri I Segoroyoso Pleret, Rabu (16/9/2020).

“Pencanangan program ini sasarannya di 438 SD/MI dan pondok pesantren. Ini dilaksanakan September dan Oktober 2020,” kata Kadinas Kesehatan, dr Agus Budi Raharjo didampingi Kasi Prokesmas, di sela berlangsungnya pencanangan ini.

Agus Budi menjelaskan, jumlah yang disasar rinciannya anak Kelas 1 sebanyak 13.240 anak, Kelas 2 sebanyak 6.793 anak, kelas 6 sejumlah 7.185 anak. Sedangkan sasaran bias pada Bulan Nopember-Desember untuk murid Kelas 1 tercatat 13.240 anak, Kelas 2 sejumlah  13.717 anak dan Kelas 5 jumlahnya 6.793 anak.

Penjaringan kesehatan ini bertujuan untuk mendeteksi mereka masalah kesehatannya. Sehingga mengetahui kesehatan anak usia sekolah. Sasaran penjaringan kesehatan sebanyak 123.148 siswa.

“Pencanangan bulan imunisasi dan penjaringan kesehatan ini, bisa dibilang istimewa karena dilaksanakan saat pandemi Covid-19. Ini alasannya meskipun sedang pandemi, namun program ini harus terlaksana 100 persen,” kata Agus.

Ia menambahkan, imunisasi ini apabila dilakukan secara mandiri, maka sasaran (anak yang diimunisasi) harus mengeluarkan biaya cukup tinggi. Namun ini dalam program dilakukan secara geratis. (Supardi)

 


share on: