Pemerintah Kalurahan Trimulyo Selenggarakan Pembinaan RT-RW

share on:
Suasana pembinaan RT-RW yang diselenggarakan Pemerintah Kalurahan Trimulyo || YP-Agung DP

Yogyapos.com (SLEMAN) - Pemerintah Kalurahan Trimulyo Sleman mengadakan pembinaan Limas, RT dan RW selama dua hari, 5-6 April 2021, di Puri Mataram, Denggung, Sleman.

Acara pembinaan ini dihadiri Dinas PMK, Dimas Pertanahan dan Tata Ruang, Bagian Hukum Sekda, Lurah Trimulyo Suhardjono HK SPd, PKK, Jogoboyo Darmawan serta seluruh Ketua RT dan RW wilayah Trimulyo.

Ragam materi pembinaan, antara lain terkait penyusunan RPMJ, Pergub DIY No. 100 Thn 2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Bantuan Dana Keuangan Keistimewaan Kepada Kalurahan, serta Pergub No. 48 tahun 2018 tentang Prosedur Pemanfaatan Tanah Kesultanan dan Kadipaten.

Lurah Trimulyo Suhardjono HK SPd seusai pembukaan kepada yogyapos.com mengatakan, pembinaan RT dan RW diantaranya untuk meningkatkan kapasitas kelembagaan Pemerintah Kalurahan Trimulyo, terkait dengan Undang-Udang No. 14 tahun 2014 tentang Kelembagaan diadakan pembekalan agar sinkron. Karena RT serta RW dengan Undang-Undang baru tersebut sudah masuk dalam Lembaga Kalurahann yang dulu hanya tiga komponen PKK, LMD dan Karang Taruna.

“Harapanya tentu saja pembinaan dapat mensikronkan antar lembaga di kalurahan dalam pembangunan di kalurahan maupun di masyarakat padukuhan,” tandasmya.

Disamping itu, imbuh Suhardjono, sebagai lembaga dapat mengetahui penggunaan dana anggaran yang ada di kalurahan serta RT dan RW, juga mengerti tentang seluk beluk kalurahan seperti penggunaan tanah Sultan Ground, Kabupaten, maupun pajak.

Sementara Kabag Hukum Sekda Sleman, Erma Ekawati selaku pemateri menyampaikan bahwa Kalurahan sebagaimana diatur Perbub No. 2 tahun 2020 memiliki lembaga di bawahnya yaitu RT dan RW. Tugasnya hanya sedikit, namun mempunyai fungsi sebagai jembatan masyarakat menyangkut aspirasi serta permasalahan untuk mencari solusi apa yang dibutuhkan.

“Untuk lebih jelasnya silahkan membaca Pergub DIY No. 100 tahun 2020,” ajaknya pada ketua RT dan RW yang hadir pembinaan ini.

Ditempat yang sama, Jogoboyo Sudarman mengingatkan bahwa diadakan pembinaan ini karena setelah Pemilihan Lurah (Pilur) masih ada pekerjaan yang lebih berat antara lain menyusun RPJM  agar enam tahun kedepan Kalurahan Trimulyo lebih maju dan ini melibatkan semua komponen lembaga. “Jangan sampai RPJM yang kita buat tidak ada kemajuan,” ujarnya. (Agung DP) 

 

 

 

 

 


share on: