Pemdes Wirokerten Studi Banding ke Bumdes Tirtamas

share on:
Para pionir Pokdarwis Wirokerten dipimpin kepala desa bersama pengurus Bumdes Tirtamas || YP- Dok Embung Senja

Yogyapos.com (SLEMAN) - Desa Wirokerten yang berada di bantaran sungai Gajahwong, memiliki potensi yang unik dan beragam. Jika dikembangkan secara maksimal bukan tidak mungkin akan menjadi destinasi yang berkarakter dan diminati oleh wisatawan. Oleh karena itu, pembentukan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) yang memiliki komitmen dan berdaya juang sangat dibutuhkan agar potensi alam, seni, sejarah, budaya, kuliner yang dimiliki bisa memberikan manfaat secara optimal kepada masyarakat.

Demikian disampaikan Kepala Desa Wirokerten Banguntapan Bantul DIY, Hj. Rahma Wijayaningrum, SE, saat memimpin rombongan pionir desa wisata Wirokerten studi banding ke Bumdes Tirtamas Tirtoadi Mlati Sleman di Embung Senja Rabu (9/9/2020).

Lebih jauh dijelaskan, ada kesamaan geografis, budaya dan masyarakat diantara Wirokerten dan Tirtoadi sehingga bisa belajar dan menggali pengalaman tentang pembentukan Pokdarwis dan pengelolaan objek wisata oleh Bumdes.

“Kami memiliki potensi air melimpah yang bisa dikembangkan dan dikelola sebagai destinasi wisata yang mampu menggerakkan perekonomian warga Wirokerten”, tuturnya.

Oleh karena itu, sambungnya, pihaknya mengajak para pamong desa, kepala dukuh, tokoh masyarakat, organisasi desa, penggiat seni, dan karang taruna untuk menggali pengalaman agar bisa menemukan visi yang tepat untuk membangun pariwisata Wirokerten.

Menanggapi harapan itu, Direktur Bumdes Tirtamas, Wahjudi Djaja, selaku narasumber menyampaikan bahwa visi, komitmen, dan kepedulian para pionir sangat menentukan maju dan tidaknya pariwisata Wirokerten.

“Ada tiga desa wisata yang dimiliki Tirtoadi, yakni desa wisata kerajinan bambu Sendari (Dewi Sendari), desa wisata konservasi burung kuntul Ketingan dan desa wisata budaya Rajek Wetan (Dewi Rawe). Ketiganya mempunyai dinamika yang berbeda karena karakter potensinya juga berbeda. Maka visi Pokdarwis sangat menentukan kontinuitas dan daya jual destinasi,” tandasnya.

Sementara itu Sekdes Tirtoadi, Muh. Ridwan, menyambut baik kunjungan dan studi banding para kandidat Pokdarwis Wirokerten ke Bumdes Tirtamas. "Kami memang belum maksimal mengelola potensi desa, tetapi ketekunan dan kerja keras para pengurus Bumdes Tirtamas dan Pokdarwis di dalamnya ternyata pelan-pelan bisa membuka jalan,” akunya.

Hadir dalam pertemuan itu para pengurus Bumdes Tirtamas, anggota Pokdarwis Tirtoadi, dan pendamping desa. Selesai acara dilanjutkan meninjau kawasan Embung Senja dan ramah tamah. (Agung DP)

 

 

 

 


share on: