Pembaca Berita Perlu Mengoptimalkan Daya Kritisnya

share on:
Bendahara PP Muhammadiyah, Drs H Marpuji Ali MSi (kanan) || YP-Ist

Yogyapos.com (SURAKARTA) - Bendahara Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Drs H Marpuji Ali MSi, mengingatkan agar masyarakat berlaku kritis dalam menyikapi suatu berita. Ia harus mengkonfirmasi terlebih dahulu berita dari pangkalnya serta menggalinya melalui sumber yang berbeda, mengingat sebagian berita beredar mengandung unsur hoax.

“Berita suatu media juga perlu kiranya dikonfirmasi dan digali dari sumber-sumber lain. Ini sebagai upaya al-tabayyun (verifikasi) kebenaran berita dari sumber asalnya ,” kata Marpuji Ali di Surakarta melalui rilis yang diterima yogyapos.com, Minggu (2/8/2020).

Dia menyampaikan bahwa yang perlu didewasakan dari pembaca berita ialah mengoptimalkan daya kritisnya. Pembaca kritis mesti mengenali ragam tulisan yang muncul di media cetak maupun elektronik.

“Apakah itu fakta liputan, penilaian, hipotesis, opini, kritik, dan inisiatif pribadi,” ujar Bendahara PP Muhammadiyah.

Menurutnya, perkembangan teknologi informasi yang demikian cepat dapat memicu merebaknya berita hoax. Apabila masyarakat memiliki pengetahuan serta berupaya mengoptimalkan daya kritisnya, maka unsur hoax yang beredar tak akan mampu menimbulkan berbagai polemik dan perang tinta.

“Karena itu, masyarakat mesti memiliki kesiapan literasi guna mengimbangi perkembangan teknologi yang begitu cepat tadi,” ungkapnya. (*/Muf)

 

 

 


share on: