Pasca Pandemi, Prospek Bisnis Hotel di Yogya Semakin Membaik

share on:
Chris (kiri) dalam suatu perbincangan

Yogyapos.com (YOGYA) - Prospek perhotelan di Yogya pasca pandemi Covid-19 sangat bagus. Selain memiliki banyak destinasi pariwisata yang menarik dan mudah dijangkau, harga- harga  murah, serta tingkat yang kriminalitas lebih rendah bila dibanding kota besar lainnya.

“Sebagai destinasi wisata, posisi Yogya seimbanglah dengan Bali,” ujar F Heru Christianto, Hotel Operator Cemerlang Berkat Indotama (CBI) yg berkantor di Hotel Bifa Jalan Perintis Kemerdekaan Kotagede Jogja beberapa waktu lalu. 

BACA JUGA: https://www.yogyapos.com/berita-rebranding-gq-hotel-hadir-lebih-fresh-641

Chris, begitu ia akrab disapa, mengatakan ada enam potensi pasar yang sedang tumbuh pesat di Kota Yogyakarta pasca pandemi ini, yaitu pasar wisata petualang, pasar pekerja lepas industri digital, pasar wisata religi (muslim), pasar pemerintahan,  pendidikan dan milenial. 

“Potensi-potensi itu pasca pandemi covid makin tumbuh pesat  sehingga menarik minat pengusaha untuk melakukan investasi di bidang property khususnya perhotelan,” tandas Chris.

BACA JUGA: https://yogyapos.com/berita-royal-brongto-hotel-cagar-budaya-mengusung-langgam-yogya-yang-istimewa-7918

Chris yang juga mantan Crew Kapal Pesiar yang di Port Miami Florida USA  juga mengatakan bahwa potensi okupansi hotel di Yogya lebih cepat pulih bila dibandingkan destinasi wisata lain termasuk Bali. 

Berdasarkan data dari dinas pariwisata, pada musim liburan kemarin kunjungan wisatawan lokal di Kodya Yogyakarta mengalami kenaikan 200%. Angka itu hampir menyamai besarnya kunjungan wisata saat musim liburan sebelum adanya pandemi Covid-19. 

BACA JUGA: https://yogyapos.com/berita-ada-jemparingan-di-royal-brongto-masyarakat-dan-tamu-hotel-boleh-terlibat-9330

Ada beberapa faktor yang membuat Yogya cepat pulih, diantaranya yaitu: jalur transportasi menuju Yogya darat dan penerbangan makin baik serta kembali aktifnya ratusan kampus yang ada 

Ini merupakan Peluang baik ini bisa dimanfaatkan bagi siapapun yang ingin berinvestasi properti di Yogya.

BACA JUGA: https://yogyapos.com/berita-sambut-imlek-hotel-swissbelinn-kemayoran-siapkan-makan-malam-berhadiah-9372

Lebih lanjut Chris yang juga Managing Director PT Indah Karya Indonesia (IKI) mengatakan dirinya terjun dalam usaha pengelolaan hotel  dimulai dari 2015 setelah berhenti kerja di pasar pesiar. 

Total hotel yang pernah dikelola hingga saat ini ada 6  hotel , 2 restauran, 1 Laundry Hotel dan 1 Lembaga Pendidikan Perhotelan & Kapal Pesiar. 

“Hotel yang pernah saya kelola antara lain: Villa Ndalem Limasan, Tembok Batu Residence, Yogya Kembali Hotel, Bifa Boutique Hotel, Villa Upala, dan Omah Putih Residence,” ujar Chris menutup perbincangan. (Yuliantoro)

 


share on: