Pasar Rakyat BUMN di Paseban Disambut Antusias Warga

share on:
Bupati Abdul halim Muslih meninjau salah satu lapak Pasar Rakyat Badan Usaha Milik Negara (BUMN), di Paseban Pemerintah Kabupaten Bantul DIY, Sabtu (11/6/2022) || YP-Supardi

Yogyapos.com (BANTUL) - Pasar Rakyat Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang diikuti oleh berbagai BUMN dan para pelaku UMKM digelar di Paseban Pemerintah Kabupaten Bantul DIY, Sabtu (11/6/2022).

Kegiatan yang menampilkan berbagai peoduk UMKM Bantul ini selain dihadiri para pimpinan BUMN juga hadir pula Staf Khusus BUMN, Arya Mahwndra Sinulingga dan Bupati Bantul H Abdul Halim Muslih.

PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) member of ID Food memanfaatkan kegiatan ini dengan mendistribusikan 4.000 paket sembako kepada masyarakat. Pasar Rakyat BUMN ini menyediakan paket sembako yang terdiri dari beras, gula dan minyak goreng dengan harga Rp 65.000. Harga yang ditawarkan kepada masyarakat ini jauh lebih murah bila dibandingkan harga di pasaran.

Pasar Rakyat BUMN juga menyediakan kebutuhan pokok dengan harga terjangkau sebagai upaya untuk memberikan keringanan bagi masyarakat, khususnya warga Bantul dalam memenuhi kebutuhan pangan. 

"Pada kesempatan ini, PPI menyediakan sebanyak 4.000 paket sembako dengan kualitas baik dan harga terjangkau tentunya kepada ibu-ibu masyarakat Bantul," ungkap Branch Manager PPI Cabang Yogyakarta, Cipto.

Menurutnya, sebelumnya PPI telah menyalurkan 40 ribu paket sembako di wilayah Jabodetabek dan Banten dalam memenuhi kebutuhan pokok masyarakat.

Kegiatan didasarkan pada upaya BUMN sebagai agen pembangunan nasional untuk menciptakan keseimbangan di masyarakat dengan menyediakan bahan-bahan pokok kebutuhan lainnya dengan harga terjangkau, khususnya minyak goreng. 

Sementara itu, Staf Khusus Menteri BUMN,Arya Mahendra Sinulingga mewakili Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan bahwa penyelenggaraan Pasar murah ini merupakan salah satu solusi dan wujud kepedulian BUMN terhadap masyarakat yang kesulitan mendapatkan sembako murah.

"Saya senang melihat antusiasme warga yang mengantri membeli sembako murah sejak pagi. Jumlah UMKM pengguna kredit mekar di Bantul kini ada sekitar Rp 25 ribu. Dalam waktu denkat juga akan disediakan kepada 25 ribu pembeli" katanya dalam sambutan dan dialog langsung dengan sejumlah pengunjung di depan panggung. 

Dikatakan, tak hanya Pasar Rakyat BUMN, perhelatan kali ini juga menampilkan pameran UMKM, termasuk kuliner, untuk meningkatkan geliat perekonomian di Bantul serta memberikan kesempatan kepada pelaku UMKM untuk memperkenalkan produk yang dihasilkan kepada masyarakat Bantul. 

Pada kesemoatan sama, Bupati Bantul H Abdul Halim Muslih, mengatakan, pihaknya sangat berterimakasih kepada para panitia khususnya dari Kementerian BUMN, para sponsor, penyedia dan semua pihak yang terkait atas terlaksananya Pasar Rakyat UMKM BUMN ini. 

"Pemkab Bantul bersama Kementerian BUMN terus akan jalin kerja sama seperti ini. Di Bantul ada banyak program seperti Bantul Online Shop (BOS), semua gratis. Pemkab Bantul sendiri merencanakan menyerap produk Bantul lewat BOS," ujar Bupati. 

Melihat antusiasme masyarakat, Pasar Rakyat diharapkan dapat membantu mengurangi biaya pengeluaran untuk kebutuhan hidup sehari-hari masyarakat Bantul.

Pada kesemoatan itu juga digelar layanan vaksin booster dan ditampilkan hiburan dangdutan. Sedangkan Mahendra, Abdul Halim dan para pimpinan BUMN juga melakukan dialog interatif dengan para UMKM dan kedua orang ini juga menyempatkan diri mencicipi dan membeli produk UMKM.  (Spd)

 


share on: