Para Pemandu Wisata Bantul Ikuti Pelatihan Ekowisata

share on:
Ketua DPD Himpunan Pemandu Indonesia (HPI) DIY, Imam Widodo saat memberikan materi pada pelatihan para pemandu wisata, Senin (6/9/2021) || YP-Supardi

Sebanyak 55 pemandu dan pengelola wisata di Kabupaten Bantul mengikuti pelatihan pemandu Ekowisata, di Hotel Ros Inn Jalan Ringouad Selatan Bantul, Senin (6/9).

Pelatihan ini intinya agar mereka menguasai dan piawai dalam mengelola dan memberikan informasi tentang kepariwisataan kepada publik (wisatawan) tentang ekowisata.

Plh Sekdispar Bantul, Anihayah, di sela pelatihan mengatakan Sumber Daya Manusia (SDM) para pemandu wisata merupakan salah satu kunci menuju keberhasilan untuk memajukan tempat wisata. Maka wawasan dan skil mereka perlu ditingkatkan.

“Ini semua agar mereka tepat dan menarik serta komunatif secara luas dengan wisatawan dan mitranya. Wisatawan jadi senang, nyaman dan kerasan tinggal di tempat wisata. Setelah itu, harapannya wisata bisa bangkit kembali mulai sekarang dan di masaa mendatang,” jelas Anihayah.     

Sementara itu, Ketua DPD Himpunan Pemandu Indonesia (HPI) DIY, Imam Widodo, menyatakan para pemandu wisata diharapkan juga mempunyai wawasan dunia wisata secara umum dan juga mampu membawa bahkan menghantarkan khas wisata DIY (Yogyakarta) khususnnya. 

“rangkaian kegiatan ini semua juga merupakan kunci dan kompetensi yang harus dimiliki kita semua dalam keberadaan dan tugasnya,” katanya. 

Pelatihan disertai diskusi kepariwisataan kini dan masa depan dimoderatori Ketua Forkom Desa Wisata Bantul, Agus Jati Kumoro. Sedangkan nara sumber dianaranya pakar wiasata UGM Yogyakarta Dr C Dian Janari ST MT CIPM.  (Supardi)

 


share on: