Obyek Wisata Gunung Wangi Dilengkapi Akses Jalan Bertalud

share on:
Peletakan batu pertama pembangunan obyek wisata Gunung Wangi, Srimulyo, Piyungan, Bantul || YP-Supardi

Yogyapos.com (BANTUL) - Obyek wisata religius Gunung Wangi yang berada di Bangkel Klenggotan Srimulyo Piyungan Bantul, kini mulai dibangun dilengkapi akses jalan bertalud yang anggaran pembangunannya mempergunakan bantuan dari Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementrian PUPR senilai Rp 600 juta. Pengerjaan Pembangunan infrastruktur ini mula dilakukan, Senin (29/6/2020) sampai 90 hari kedepan.

"Anggaran untuk sarana prasarana ini merupakan bantuan untuk Program Pengembangan Ekonomi Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah,” kata Tenaga Ahli Propinsi PISEW DIY, Lukito Agus Cahyono, saat hadir dalam peletakan batu pertama pembagunan talud/bangket jalan akses obyek wisata Gunung Wangi Piyungan, Bantul.

Menurutnya jumlah anggaran yang digunakan dan tersedia sebesar Rp 600 juta Ini merupakan bantuan dari Kementerian PUPR melalui Balai Pengembangan  Prasarana Pemukiman Wilayah DIY yang penyalurannya ditindak Balai Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Piyungan. 

Waktu pengerjaan pembunqunan ini selama 90 hari kalender (sesuai dengan perjanjiannya). Setelah pembagunan selesai, maka akan diperiksa kembali. Jika dinyatakan telah sesuai, maka sarana dan prasarana ini pengelolaannya akan diserahkan kepada Pemerintah Desa Srimulyo bersama masyarakat.

Sementara itu, Anggota DPRD Bantul dari Fraksi Golkar yang juga warga Srimulyo, Teguh Santoso SE, ketika diminta komentarnya pada kesempatan sama, mengatakan pihaknya menyambut positif dengan adanya pembangunan ini.

"Saya secara langsung dan tidak lansung akan mengawasi porses pembagunan dimaksud. Ini salah satu kewajiban dewan untuk upaya memperjuangkan masyarakat,” katanya.

Gunung Wangi merupakan obyek wisata cukup dikenal masyarakat sejak lama, tetapi sarana akses jalan masih relatif jelek sehingga kurang mendukung. Dengan adanya bangket (talud) jalan akses ini, maka diyakini akan meningkatkan daya tarik wisatawan untuk berwisata ke bukit itu.

Diharapkan nantinya Gunung Wangi banyak pengunjungnya. Masyarakat bersama dengan Pemerintah Desa Srimulyo bisa lebih mudah menumbuh kembangkan sektor wisata dan ekonomi setempat.

Sedangkan Camat Piyungan, Roy Robert dalam sambutanya mengatakan, proses adanya bantuan ini sudah melalui tahapan dan peosodur yang sesuai dengan ketentuan. Diharapkan, sarana san prasarana ini bisa memberikan kemajuan dunia wisata dan ekonomi di sekitarnya.

Peletakan batu pertama kali ini dilakukan oleh sejumlah pihak antara lain Teguh Santoso (DPRD Bantul), Lukito Agus Cahyono (Tenaga Ahli dari PISEW DIY) dan BKD Srimulyo. (Supardi)

 


share on: