Obyek Wisata di Bantul Menggeliat, Pengunjung Meningkat

share on:
Antrean terjadi di obyek wisata Seribu Batu, Dlingo, Bantul || YP-Supardi

Yogyapos.com (BANTUL) – Memasuki libur panjang atau cuti bersama sejak 28 Oktober 2020, sejumlah obyek wisata di Kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul mengalami peningkatan jumlah pengunjung. Diantara obwis tersebut adalah Hutan Pinus, Kebun Buah, Batu Seribu dan Becici.

Pantauan yogyapos.com, suasana ramainya tempat wisata kali ini bisa terlihat dari jumlah bus,mapun mobil pribadi dan sepeda motor di tempat-tempat parkir yang ada sekitar area wisata. Dilihat dari plat nomor kendaraan yang ada, tidak hanya terbaras asal DIY saja, melainkan juga berasal dari wilayah lainnya.

Pengelolo Wisata Mataram Dlingo, Ipung Purwo Harsono mengakui lonjakan jumlah pengunjung terjadi sejak Rabu (28/10) siang. Sedangkan  Kamis (29/10) bertambah ramai.

“Sebelumnya sepi sekali karena juga terkait dengan masih dalam suasana pandemi Covid-19. Tapi sekarang lumayan bertambah wisatawannya yang berkunjung kesini,” kata Ipung, Kamis (29/10.2020).

Menurutnya, barangkali mereka para wisatawan selama pandemi Covid-19  jenuh karena lebih sering berada di dalam rumah. Maka mereka pada hari cuti bersama kali ini menyempatkan diri berwisata bersama keluarga maupun rekan-rekan sejawat.

“Kami semua berharap bahwa Pandemi Covid-19 segera berakhir. Dunia wisata segera mengeliat dan pulih kembali,” katanya.

Ia menambahkan, sejak pandemi Covid-19 para pengelola wisata dan masyarakat sekitar yang terkait dengan pariwisata, bisa dibilang ‘lesu’ kerena sepi wisatawan. Namun para pengelola tetap melakukan perawatan terhadap sarana  prasarana obyek wisata dengan biaya yang cukup tinggi.

Selain itu untuk meningkatkan pelayanan kepada wisatawan, para pengusaha wisata juga telah melakukan persiapan antara lain membenahi sarana dan prasarana tempat wisata dan pelatihan bahasa asing untuk mempermudah komunikasi dengan wisatawan.

Kepala Dinas Pariwisata Bantul, Kwintarto Heru Prabowo membenarkan dan menyambut positif adanya tanda-tanda kebangkitan dunia pariwisata.

"Meski demikian, diharapkan para wisatawan dan para petugas wisata selalu mentaati protokoler kesehatan,” imbau Kwintarto.

Sementara itu, arus lalu lintas di sejumlah tempat di Bantul yaitu jalan Yogya-Parsngtritis, Jalan Imogiri Barat dan Jalan Imogiri Timur juga nampak lebih padat dibandingkan hari-hari sebelumnya. (Supardi/Met)

 


share on: