Musim Panen, Harga Beras Cenderung Turun

share on:

Yogyapos.com (BANTUL) - Harga sembilan bahan pokok (sembako) berupa beras di pasar tradsional di Bantul cenderung menurun dibandingkan sebulan yang lalu. Sedangkan namun telur ayam lehorn mengalami kenaikan.

Pantauan yogyapos.com di Pasar Tradisional Imogiri, Niten dan Barongan, Kamis (25/5/2023). Meski terjadi penurunan, namun transaksi cenderung tidak mengalami perubahan.

Menurut Dawaji (50) beras yang semula harganya berkisar Rp 12.000 hingga Rp 13.000 per kg, kini harganya turun menjadi antara Rp 11.000 hingga Rp 12.000 per kg.

“Sedangkan terigu masih ajeg yang merk Segitiga masih dijual seharga Rp 17.000 per kg. Daging ayam lehorn Rp 34.000 per kg. Daging sapi sekitar Rp 110.000 per kg,” tutur Dawaji.

Sementara itu, pedagang di Pasar Barongan, Nanik Ftriani (38) bertutur bahwa harga beras cenderung turun karena volume stok di pasaran bertambah bertepatan musim panen. 

Para petani banyak yang menjual beras hasil panennya ke pedagang pengepul. Suplai komoditas jenis itu ke pedagang juga jumlahnya bertambah dan normal.

“Volume pembelian oleh konsumen  cenderung stabil. Maka pedagang tidak berani menaikan harga jual.beras dan menurunkan harga terigu,” ungkapnya.

Aktivitas di pasar tradisional pada umumnya masih normal dan diperkirakan akan relatif lebih ramai saat menjelang Idul Adha nanti. (Spd)

 


share on: