Merespon Pandemi Covid-19 dengan Gelaran Tanaman Hias

share on:
Trio Central Tanaman Hias 'Bojong Berkembang' Magelang || YP-Eko Purwono

Yogyapos.com (MAGELANG) - Potensi ekonomi masyarakat yang tumbuh dan marak meski di tengah suasana pandemi menginspirasi warga Dusun Bojong, Desa Giyanti Kecamatan Candimulyo, Magelang. Mereka meresponnya melalui gelaran Central Tanaman Hias bertajuk “Bojong Berkembang” yang berlangsung selama dua hari, pada Sabtu-Minggu (16-17/1/2021).

Sebelumnya lokasi ini telah lama dikenal sebagai sentra tanaman hias di Kabupaten Magelang. Acara ini ternyata menjadi daya tarik luar biasa dari para pecinta tanaman hias di wilayah Jawa Tengah dan DIY.

“Ini menjadi sebuah gebrakan acara diawal tahun yang dimaksudkan untuk memberikan ruang dan memfasilitasi warga lokal yang mayoritas adalah para pembudidaya tanaman hias agar lebih mudah menjual produknya,” terang Siswanto salah satu panitia disela Grand Opening.

Menurut dia, keberadaan Central Tanaman Hias, Bojong diharapkan menjadi pusat penjualan hasil budi daya tanaman hias milik warga, yang sekitar 85 persen warga bergerak di bidang budidaya tanaman hias yang dilakukan di rumah-rumah.

“Sehingga menyebar dan tidak terpusat, dengan adanya kegiatan ini maka masyarakat bisa bersatu dan bersama dalam naungan Kelompok Wira Usaha Desa Bojong Berkembang,” ungkap dia.

Ernawati salah satu mengunjung dari Sleman tampak antusias memborong berbagai tanaman hias yang digelar dalam acara, dia mengaku sangat puas menghadiri acara ini.

“Harga-harga tanaman hias relatif murah dan kualitasnya juga bagus, cocok untuk menjadi tanaman hias yang disamping untuk hobi juga bisa mendatangkan keuntungan, lumayan bisa untuk tambahan penghasilan disela pandemi,“ tuturnya.

Pada kegiatan tersebut dimeriahkan dengan kegiatan pameran tanaman hias, peresmian Central Tanaman Hias, Bojong Berkembang dan lelang tanaman hias. (Eko Purwono)

 

 

 

 


share on: