Menyambut New Normal, Monjali akan Dibuka Kembali

share on:
Kepala Monjali, Yudi Pranowo || YP-Agung Dwi Purwanto

Yogyapos.com (SLEMAN) - Dinas Pariwisata (dispar) Sleman berencana membuka kembali sejumlah obyek wisata (obwis) dalam menyambut New Normal, meskipun pandemi virus Corona belum lenyap. Salah satu obwis tersebut adalah Museum Jogja Kembali (Monjali) yang berada Jalan Ringroad Utara, Sleman.

Kepala Monjali, Yudi Pranowo membenarkan rencana pembukaan kembali Monjali setelah sekian lama ditutup berkaitan dengan status Tanggap Darurat pandemi Corona. “Kami nantinya tentu akan menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah saat melakukan pembukaan kembali museum untuk pengunjung,” ujarnya, Sabtu (30/5/2020).

Sementara ini, ujar Yudi, pihaknya tengah menyiapkan segala sesuatu berkaitan dengan protokol kesehatan. Diantaranya pengadaan tempat cuci tangan, pengadaan masker, dan sebagainya. Nantinya ada tim pengawas khusus yang memantau protokoler kesehatan terhadap pengunjung. Termasuk pola kunjungan dengan memerhatikan social distancing atau jaga jarak.

Diakuinya, selam Covid-19 kunjungan ke Monjali mengalami penurunan. Dan pada saat ditutup, maka praktis tak ada agi pengunjung sehingga tak ada pula pemasukan. Padahal sebelumnya, seminggu sebelum ditutup jumlah pengunjung mencapai 1000-an orang.

Monjali merupakan obyek wisata sejarah dan pendidikan, selama ini lebih banyak dikunjungi oleh kalangan pelajar. Sebab di dalam bangunan obwis inilah terpasang diorama tentang perjalanan sejarah kontak senjata pasukan tentara Indonesia melawan penjajah Belanda di Yogyakarta.

“Kami targetkan pengunjung 300 ribu, nanti kalau dibuka lagi. Mudah-mudahan tercapai,” pungkas Yudi. (Agung Dwi Purwanto)


share on: