Menggandeng Tarumartani, Wabup Joko Purnomo Panen Tembakau Grompol di Jolosutro

share on:
Wabup Bantul Joko Purnomo (kiri) saat memanen tembakau grompol di Bulak Jolosutro, Rabu (4/1/2023) || YPSupardi

Yogyapos.com (BANTUL) - Tembakau merupakan salah satu tanaman yang memiliki peluang besar untuk diserap pasar. Terlebih jenis komoditas tembakau grompol bisa menjadi bahan baku dari cerutu, salah satu komoditas unggulan yang dapat memberi kontribusi positif terhadap ekonomi masyarakat Kabupaten Bantul.   

Penegasan tersebut disampaikan Wakil Bupati Bantul Joko Purnomo dalam kegiatan Field Day, di Bulak Jolosutro, Srimulyo, Piyungan, Rabu (4/10/2023).

BACA JUGA: Tim Verfikasi dan Validasi ISIM Terkesan dengan Desa Wisata Jamu Kiringan

Lurah Srimulyo, Drs Wajiran, menyampaikan atas nama Pemerintah Kalurahan Srimulyo, menyambut positif peserta field trip yang dipimpin oleh Wakil Bupati Bantul. 

“Jolosutro adalah dusun yang memiliki banyak potensi. Termasuk dalam bidang pertanian tembakau ini. Harapannya akan terwujud masyarakat Srimulyo yang mandiri dan sejahtera. Untuk itu kita berharap harga tembakau dapat naik dari tahun sebelumnya,” ucapnya.

Selanjutnya, Kepala DKPP Bantul, Joko Waluyo, menyampaikan pada field day kali ini, hadir mitra yang digandeng yakni PT Taru Martani. Selama ini tembakau grompol yang merupakan bahan baku PT Taru Martani didatangkan dari luar Yogyakarta, dan saat ini sudah dapat dipenuhi dari daerah lokal.

BACA JUGA: Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Mengenang Pahlawan yang Gugur Akibat Kekejaman PKI

Di kawasan Bantul luasan tembakau mencapai 40 hektar pada tahun 2022 dan bertambah menjadi 60 hektar di tahun 2023. Kapanewon Piyungan sendiri ada 4 hektar grompol, dari keseluruhan ada 18 hektar.

“Saya berharap melalui field day ini akan menjadi wadah yang baik untuk bertukar pengetahuan dan pengalaman serta solusi strategis dalam perkembangan komoditas tembakau ini. Harapannya ke depan dengan tanaman yang bagus, harganya jangan murah, jadi petani diberi keuntungan agar bisa menanam tembakau secara terus menerus,” kata Wabup. (Spd)

 


share on: