Memasuki New Normal, Perpusda Bantul Buka Layanan bagi Masyarakat

share on:
Perpusda Bantul siap memasuki kenormalan baru || YP-Mufti

Yogyapos.com (BANTUL) - Memasuki kenormalan baru (New Norma), Perpustakaan Daerah (Perpusda) Bantul mulai membuka sejumlah layanan bagi masyarakat. Dibukanya layanan tetap memperhatikan perkembangan situasi dan kondisi setempat. Sebagaimana diberitakan yogyapos.com, 22 April 2020,Perpusda Bantul sebelumnya membuka layanan terbatas hanya peminjaman dan pengembalian buku saja.

“Selain layanan peminjaman dan pengembalian buku,kamijugamulai membukalayanan permintaan surat keterangan bebas pustaka. Pembuatan Kartu Anggota Perpustakaan pun sudah dilayani secara penuh,” ujar Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bantul, Drs Eddy Susanto melalui pengumuman resminya, Jumat (10/7/2020).

Eddy menyampaikan, pada masa kenormalan baru ada sedikit perubahan jam bukalayanan perpustakaan, yaitu Senin-Jumat, pukul 08.00-14.30 WIB. Sementara mengenai prosedur dan teknis layanan bagi pemustaka sudah di publikasikan melalui papan pengumuman yang ada di Perpusda.

“Layanan perpustakaan tetap memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan antara lain wajib memakai masker, cuci tangan pakai sabun di air mengalir atau hand sanitizer, termasuk jaga jarak baik di dalam maupun di luar gedung perpustakaan,” terang Eddy.

Pihaknya telah menyiapkan dua unit wastafel lengkap dengan sabun untuk cuci tangan di halaman Perpusda. Begitu pula alat pengukur suhu tubuh serta personil yang siap melakukan tugasnya. Pemustaka akan diukur suhu tubuhnya terlebih dahulu sebelum masuk ke ruangan.

“Peminjaman buku bagi komunitas, lembaga, atau masyarakat yang menjalin kerja sama (MoU) dengan Perpusda Bantul melalui Layanan Mandiri, sudah bisa mengakses ke Perpusda secara penuh. Sedangkan untuk layanan perpustakaan keliling saatini masih off,” lanjutnya.

Komunitas, lembaga, dansekolah yang telah menerima layanan perpustakaan keliling tetap dapat mengakses bahan pustaka. Mereka boleh datang langsung ke Perpusda menukarkan buku yang telah dipinjamnya, namun tetap menyampaikan laporan berkala seperti biasa. Ia berharap jalinan kerjasama terus berjalan meskipun situasi dan kondisinya masih belum pulih akibat pandemi.

“Silakan saja masyarakat menghubungi langsung pustakawan maupun petugas kami, bila ada halyang belum jelas mengenai layanan, kerjasama, atau pun terkait perpustakaan lainnya,” kata Eddy. (Muf)

 

 

 


share on: